Iklan dempo dalam berita

Ini Perkembangan Terbaru Rencana Eksplorasi Potensi Emas di Bengkulu, Cadangannya Melebihi Freeport

Ini Perkembangan Terbaru Rencana Eksplorasi Potensi Emas di Bengkulu, Cadangannya Melebihi Freeport

Kabar terbaru rencana eksplorasi cadangan emas di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu--

7. Grasberg, Mimika, Papua

Daerah penghasil emas terbesar nomor satu di Indonesia berada di Mimika Papua, atau dikenal dengan nama tambang Grasberg.

Tambang ini bisa memproduksi 3 juta konsentrat per tahun. Bahkan, tambang ini diklaim menghasilkan 240 kg emas murni setiap harinya. 

Lokasi tambang ini dikelola PT Freport Indonesia. Letaknya juga hanya 4 kilometer dari puncak Pegunungan Jayawijaya atau yang dikenal Cartensz.

Potensi Emas Bengkulu

Lantas bagaimana dengan potensi emas di Provinsi Bengkulu. Mungkin pembaca sudah mendengar daerah Lebong Tandai, Kabupaten Lebong. 

Sejak zaman dulu sudah ada penambangan di kabupaten yang berbatasan dengan Bengkulu Utara dan Provinsi Sumatera Selatan. Bahkan, emas yang ada di puncak Tugu Monas Jakarta, sejarahnya ada kontribusi emas dari Bengkulu.

BACA JUGA:HP Oppo Terbaru Harga Rp 2 Jutaan, Ini Daftar 6 Mereknya, Lengkap dengan Sejumlah Spesifikasi

Terbaru, ada investor tambang emas di Kabupaten Seluma masih dalam proses. PT. Energi Swa Dinamika Muda yang tengah mengurus izin eksploitasi dan Amdal di Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK). 

Lantaran lokasi tambang emas yang masih dalam tahap eksplorasi ini berada di 3 titik, yakni di Ulu Alas Kecamatan Semidang Alas, Ulu Talo di Kecamatan Talo dan di Ulu Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara.

Ketiga titik lokasi potensi tambang emas ini, seluruhnya berada di kawasan Hutan Lindung Bukit Sanggul yang masih dalam deretan bukit barisan di wilayah sebelah utara Kabupaten Seluma.

Tahun 2005 lalu, lokasi adanya potensi tambang emas ini, berdasarkan penelitian dalam kontrak karya oleh PT. Perisai Prima Utama dan PT. Berrick Service Internasional dari Australia mencakup empat kabupaten, terdiri dari Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur hingga Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan, dengan luas mencapai 240.000 hektare.

BACA JUGA:Salah Satu Situs Tertua di Dunia, Begini Sejarah dan Asal Usul Gunung Padang

Namun dari keempat kabupaten ini, hanya Kabupaten Seluma yang memiliki prospek kandungan emas terbanyak yakni seluas 31.000 hektare yang berbatasan dengan Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan, dengan potensi setiap blok penambangan ada sekitar 5 ribu hektare dengan cadangan potensi emasnya mencapai 2 juta onstroy dan perak mencapai 2,7 juta onstroy.

Berselang setahun kemudian, PT. Energi Swa Dinamika Muda masuk dan mengajukan pencanangan wilayah, lalu ditingkatkan menjadi izin eksplorasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: