Iklan dempo dalam berita

Ini Perkembangan Terbaru Rencana Eksplorasi Potensi Emas di Bengkulu, Cadangannya Melebihi Freeport

Ini Perkembangan Terbaru Rencana Eksplorasi Potensi Emas di Bengkulu, Cadangannya Melebihi Freeport

Kabar terbaru rencana eksplorasi cadangan emas di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu--

PT Amman pada tahun 2020 mulai menjalankan tahap akhir penambangan di Batu Hijau yang dihasilkan adalah 4,12 juta ons dan tembaga sebesar 4,47 miliar pon.

4. Pujon, Kalimantan Tengah

Pulau Kalimantan menjadi salah satu pulau dengan cadangan emas terbanyak. Salah satunya berada di Desa Pujon, Kalimantan Tengah. 

Siapa yang bisa menyangka, sebuah desa kecil di Kalimantan menjadi salah satu daerah penghasil emas terbesar di Indonesia. Desa Pujon memiliki cadangan emas hingga 40 juta ton, dan cadangan perak sebesar 16 juta ton.

5. Gosowong, Halmahera, Maluku Utara

Di Maluku Utara, tepatnya di Halmahera, terdapat pertambangan emas yang memiliki cadangan emas terbanyak di Indonesia. Pertambangan ini dikenal sebagai tambang emas Gosowong.

Pertambangan ini dikelola oleh PT Nusa Halmahera Mineral (NHM). Daerah ini ditemukan sejak tahun 1996 dengan sumber daya sekitar 770 kilo ons. 

BACA JUGA:Waspadai, 6 Masalah Kesehatan Ini Sering Muncul saat Musim Arus Balik Lebaran

Selain Gosowong, ada juga dua wilayah di sekitar Halmahera yang diperkirakan memiliki cadangan emas melimpah, yaitu Ngailamo dan Sesewet.

6. Tujuh Bukit, Bayuwangi

Bayuwangi dikenal dengan potensi sumber daya alam yang melimpah, termasuk tambang emas. 

Dikenal dengan tambang Tujuh Bukit atau Tumpang Pitu, daerah pertambangan ini menjadi daerah penghasil emas terbesar kedua se Indonesia.

Bayangkan, daerah ini memiliki cadangan mineral hingga 1,9 miliar ton dengan 28 juta ons diantaranya adalah emas. Perusahaan yang mengelola adalah PT Bumi Suksesinfo Tbk (BSI).

Yang menarik lagi, dari lokasi tambang ini mereka menggunakan teknologi heap leach yang dinilai lebih ramah lingkungan bagi dunia pertambangan. Pasalnya teknologi ini dianggap tidak menimbulkan tailing atau limbah emas dari merkuri.

BACA JUGA:Tabel KUR BNI 2024, Pinjaman Rp 10 Juta - Rp 50 Juta, Cicilan Ringan Tenor Sampai 60 Bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: