Iklan dempo dalam berita

Ini Daerah yang Menjadi Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Apakah Daerahmu Termasuk? Cek Sekarang

Ini Daerah yang Menjadi Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Apakah Daerahmu Termasuk? Cek Sekarang

Daftar daerah penghasil emas di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini daerah yang menjadi penghasil emas terbesar di Indonesia, apakah daerahmu termasuk? Cek sekarang.

Penasaran dengan daerah mana saja yang menjadi penghasil emas terbesar di Indonesia? Apakah daerahmu termasuk di dalamnya? 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui lebih lanjut tentang daftar lengkap 12 daerah penghasil emas terbesar di Indonesia, mulai dari Gunung Pongkor di Bogor, Jawa Barat, hingga Kabupaten Bombana di Sulawesi Tenggara. Ayo, cek sekarang untuk mengetahui apakah daerahmu juga menjadi bagian dari daftar ini!

BACA JUGA:Ternyata Segini Cadangan Emas di Seluma Bengkulu, Ini Perbandingannya dengan Freeport

Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya, termasuk salah satunya adalah tambang emas. Berdasarkan laporan Ditjen Minerba Kementerian ESDM, pada tahun 2021, Indonesia berhasil mengekstraksi sebanyak 117,5 ton emas murni. 

Capaian ini tidak hanya menunjukkan potensi besar Indonesia dalam industri pertambangan, tetapi juga menjadikan negara kita sebagai salah satu produsen emas terkemuka di dunia, menempati peringkat kesembilan.

Ini daftar 12 daerah penghasil emas terbesar di Indonesia

1. Gunung Pongkor, Bogor, Jawa Barat 

Gunung Pongkor merupakan salah satu daerah penghasil emas yang dikelola oleh Tambang Emas Pongkor (TEP), bagian dari BUMN PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Lokasinya berada di Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Cadangan geologi di Gunung Pongkor mencapai sekitar 6 juta ton bijih emas.

BACA JUGA:Harga Terjangkau Spesifikasi Gahar! Ini Daftar HP Gaming Harga Rp 2 Jutaan

2. Banyuwangi, Jawa Timur

Tambang emas Tujuh Bukit atau Tambang Tumpang Pitu di Banyuwangi merupakan salah satu tambang emas terbesar di Indonesia. Dikelola oleh PT Bumi Suksesindo (BSI), memiliki izin usaha pertambangan operasi dan produksi di lahan seluas 4.998 hektare.

3. Mimika, Papua Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: