Iklan dempo dalam berita

Ternyata Segini Cadangan Emas di Seluma Bengkulu, Ini Perbandingannya dengan Freeport

Ternyata Segini Cadangan Emas di Seluma Bengkulu, Ini Perbandingannya dengan Freeport

Cadangan emas di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ternyata segini cadangan emas di Seluma Bengkulu, Ini Perbandingannya dengan Freeport.

Saa ini, Pemerintah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu tengah fokus dan optimis untuk melakukan perubahan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang telah ada, hal ini lantaran ditemukannya potensi tambang yang cukup besar di Kabupaten Seluma, salah satunya potensi adanya kandungan emas di sekitar Kecamatan Semidang Alas. 

Untuk diketahui berdasarkan penelitian sebelumnya, Kabupaten Seluma memiliki tiga titik lokasi yang punya kandungan emas dan diprediksi memiliki potensi yang melebihi tambang emas yang dikelola PT. Freeport Indonesia di Timika Papua. 

BACA JUGA:Ini Lokasi Persis Potensi Emas di Bengkulu, Masih Banyak Harimaunya

Pada tahun 2010 lalu, PT. Energi Swa Dinamika Muda (ESDM) pernah mendapatkan izin eksplorasi dari Bupati Seluma di masa pemerintahan Bupati Murman Efendi.

Dari hasil eksplorasi tersebut, potensi dari blok untuk penambangan per 5 ribu hektarenya memiliki cadangan potensi emasnya mencapai 2 juta onstroy, dan perak 2,7 juta onstroy. 

Dari hasil kesepakatan awal yang diatur oleh pemerintah Seluma, jika rencana awal jadi dan dieksploitasi oleh PT. Energi Swa Dinamika Muda, maka Pemkab Seluma akan mendapat bagian hasil sebesar 0,32 land-rent per gramnya, sedangkan untuk pemerintah Provinsi Bengkulu akan memperoleh antara 14 hingga 16 persen dari land-rent setiap gramnya. 

BACA JUGA:Kenapa Potensi Emas di Bengkulu Belum Digarap, Padahal Potensinya Melebihi Freeport?

Namun, kesepakatan ini masih akan dikaji ulang antara perusahaan lokal yakni PT. ESDM bersama pemerintah Provinsi Bengkulu dan Pemkab Seluma.

Untuk diketahui Provinsi Bengkulu sendiri memiliki cadangan emas yang luar biasa. Sayangnya cadangan tersebut belum digarap sampai saat ini, dengan berbagai alasan. 

Meski demikian beberapa perusahaan sudah berniat untuk menggarap potensi ini, walaupun nyatanya sampai sekarang area yang disebut menyimpan emas itu masih berupa hutan lebat. Wilayah yang dimaksud ini adalah berada di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Ini Perkembangan Terbaru Rencana Eksplorasi Potensi Emas di Bengkulu, Cadangannya Melebihi Freeport

Sebelumnya juga sempat dikabarkan bahwa investor tambang emas di Kabupaten Seluma PT. Energi Swa Dinamika Muda tengah mengurus izin eksploitasi dan Amdal di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Lantaran lokasi tambang emas yang masih dalam tahap eksplorasi ini berada di 3 titik, yakni di Ulu Alas Kecamatan Semidang Alas, Ulu Talo di Kecamatan Talo dan di Ulu Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: