Iklan dempo dalam berita

Bukan Emas, 7 Daerah Ini Keruk Harta Karun Berharga yang Jumlahnya Jutaan Ton per Tahun

Bukan Emas, 7 Daerah Ini Keruk Harta Karun Berharga yang Jumlahnya Jutaan Ton per Tahun

Bukan Emas, 7 Daerah Ini Keruk Harta Karun Berharga yang Jumlahnya Jutaan Ton per Tahun--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bukan emas, 7 daerah ini keruk harta-karun berharga yang hasilkan jutaan juta ton per tahun.

Jenis harta karun ini adalah tembaga. Tembaga adalah logam pertama yang ditemukan dan digunakan dalam kehidupan manusia. 

Tembaga mulai tahun 8.000 sebelum masehi. Logam ini pertama kali digunakan untuk membuat ornamen dan koin. Logam ini dipercaya sebagai material yang memicu manusia berkembang dari zaman batu. 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Lokasi di Indonesia yang Menyimpan Harta Karun Nikel, Jumlahnya Capai 17,6 Miliar Ton

Karakteristik logam tembaga 

Tembaga adalah logam yang berwarna merah keemasan dan mudah dibentuk, salah satunya menjadi kabel. 

Logam ini memiliki banyak manfaat bagi manusia karena sifatnya yang menjadi konduktor panas dan listrik dengan sangat baik.

Uniknya, tembaga memiliki beberapa karakteristik yang tidak dimiliki oleh logam lain, seperti tahan lama, bisa didaur ulang, dan antibakteri. Tembaga adalah logam yang tahan lama. 

Ketika teroksidasi, tembaga tidak mengalami karat seperti besi, namun memiliki patina. Patina adalah lapisan kehijauan yang justru mampu melindungi tembaga di bawahnya selama ribuan tahun. 

BACA JUGA:7 Daerah yang Punya Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia, Jadi Sumber Energi Terbesar di Dunia

Selain itu, tembaga adalah logam yang paling ramah lingkungan sebanyak 80 persen tembaga masih bisa didaur ulang dan digunakan hingga saat ini.

7 Daerah Ini Keruk Harta Karun Berharga (Tembaga)

Beberapa daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia menghasilkan puluhan ribu hingga ratusan juta ton tembaga setiap tahunnya. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Papua (809 Juta Ton per Tahun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: