Iklan dempo dalam berita

Bukan Emas, 7 Daerah Ini Keruk Harta Karun Berharga yang Jumlahnya Jutaan Ton per Tahun

Bukan Emas, 7 Daerah Ini Keruk Harta Karun Berharga yang Jumlahnya Jutaan Ton per Tahun

Bukan Emas, 7 Daerah Ini Keruk Harta Karun Berharga yang Jumlahnya Jutaan Ton per Tahun--Foto: ist

Daerah penghasil tembaga terbesar nomor satu di Indonesia adalah Papua melalui PT Freeport Indonesia. Papua memang dikenal sebagai daerah yang menyimpan kekayaan alam melimpah, seperti emas, batu bara, gas alam, minyak bumi, besi, hingga tembaga.

Tambang tembaga di Papua melalui PT Freeport berada di beberapa daerah, seperti Kabupaten Mimika dan Tembagapura. Untuk diketahui, PT Freeport adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang sebesar 51,23% sahamnya dimiliki Indonesia dan 48,77% milik AS.

Berdasarkan laporan Freeport McMoRan, PT Freeport berhasil menambang 607 juta ton tembaga pada 2019 dan meningkat menjadi 809 juta ton pada 2020.

BACA JUGA:5 Daerah Penghasil Harta Karun Perak Terbesar di Indonesia, Salah Satunya Ada di Bengkulu

2. Sulawesi Utara (639.109 Ton per Tahun)

Pada urutan kedua terdapat Sulawesi Utara yang tercatat mampu menghasilkan tembaga sebanyak 693.109 ton per tahun. Hasil tambang tersebut ada yang dipakai untuk kebutuhan dalam maupun luar negeri.

Sulawesi Utara memiliki 19 tambang yang tersebar di sejumlah wilayah. Tambang-tambang tersebut beroperasi tidak hanya untuk menambang tembaga, tapi juga emas, pasir besi, dan batu bara.

BACA JUGA:Dua Lokasi di Bengkulu yang Pernah Simpan Harta Karun yang Hasilkan Jutaan Ton Emas, Masih Ada?

3. Cikotok, Banten (569.041 ton per tahun sebelum ditutup pada 2016)

Selanjutnya, daerah penghasil tembaga yang pernah ada di Indonesia adalah Cikotok, Banten. Cikotok adalah wilayah di Serang, Banten yang memiliki sebuah tambang tembaga sejak 1939 atau saat masa penjajahan Belanda.

Saat itu, Belanda membangun pabrik tembaga di Cikotok dan diambil oleh Jepang. Setelah kemerdekaan, pabrik tersebut menjadi milik Indonesia.

Tambang tembaga di Cikotok dikelola oleh PT Aneka Tambang (Antam) Tbk dan sempat memproduksi hingga 569.041 ton emas dan tembaga. Namun, pertambangan tersebut resmi ditutup pada 2016 setelah beroperasi selama lebih dari 40 tahun.

BACA JUGA:Bengkulu Kaya Raya! Simpan Harta Karun Emas Murni Melebihi Papua, Ternyata di Sini Lokasinya

4. Silungkang, Sumatra Barat (419.600 ton per tahun)

Sumatra Barat juga menjadi salah satu daerah yang menyimpan banyak cadangan tembaga, khususnya di daerah Silungkang. Pertambangan tembaga di Sumatra Barat terletak di beberapa daerah, seperti Lunto dan Silungkang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: