Iklan dempo dalam berita

17 Jenis Harta Karun yang Ada di Indonesia, Masih Digarap Hingga Saat Ini 

17 Jenis Harta Karun yang Ada di Indonesia, Masih Digarap Hingga Saat Ini 

17 Jenis Harta Karun yang Ada di Indonesia, Masih Digarap Hingga Saat Ini --Foto: ist

Ada lagi jenis barang tambang yang sangat berperan dalam kemudahan hidup manusia. Namanya adalah alumunium. Siapa yang tidak mengenal alumunium? Alumunium sering digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan memasak. Selain itu alumunium juga seringkali diolah menjadi mebel dan juga perkakas lain. Alumunium semakin banyak diminati karena selain ringan juga ternyata tahan lama. Maka dari itulah alumunium memegang peranan yang sangat penting. Alumunium yang merupakan barang tambang serba guna ini, tambangnya banyak berada di wilayah provinsi Papua.

10. Gas Alam

Salah satu jenis dari barang tambang yang sangat diminati dunia karena keberadannya sangat penting adalah gas alam. Gas alam merupakan barang tambang yang sangat banyak digunakan dalam berbagai macam industri. Tambang gas alam yang ada di Indonesia antara lain di daerah Arun di Daerah Istimewa Aceh, Bontang di Kalimantan, juga tersebar di daerah- daerah Jawa Barat, Sumatera Utara da juga Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Segini Jumlah Penghasilan dari Gudang Harta Karun Tambang Perak Grasberg Block Cave Papua

11. Gipsum

Gipsum, ternyata merupakan barang tambang yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Gips banyak sekali kegunaannya, seperti digunakan pada industri keramik. Jika kita melihat model bangunan jaman sekang, dimana tiang- tiangnya besar dan penuh dengan ukiran (padahal bukan katu), maka kemungkinan tiang itu menggunakan gips yang sudah diukir sebelumnya. Tidak hanya tiang saja, namun juga hiasan yang berada di atap- atap rumah mewah, biasanya itu juga menggunakan ukiran dari gipsum yang kemudian diberi warna yang sesuai dengan kemauan atau selera masing- masing. Gips merupakan barang tambang yang mana tambangnya ada di Indonesia. Beberapa tambang gips atau gipsum yang ada di Indonesia terletak di daerah Cirebon, Rembang, Kalianget, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selaan dan juga Sulawesi utara.

12. Minyak Bumi

Yang merupakan barang tambang yang paling baik di dunia, salah satunya adalah minyak bumi. Kedudukan minyak bumi di mata dunia sangatlah penting. Keududkan minyak bumi ini sangat penting karena masyarakat di seluruh dunia membutuhkan minyak bumi sebagai bahan bakar kendaraa, untuk keperluan rumah tangga,pembangkit listrik, bahan baku industri, dan lain sebgainya. Minyak bumi mempunyai peranan yang sangat penting dan mampu menjadi basis harga- harga di seluruh dunia. Karena mempunyai peranan yang sangat vital, maka perubahan harga pada minyak bumi adakan mendorong terjadinya perubahan pada barang- barang lainnya. Minyak bumi juga akan berdampak pada kestabilan ekonomi. Indonesia merupakan negara yang kaya akan tambang minyaknya. Tambang- tambang minyak Bumi yang ada di Indonesia antara lain di Pulau Sumatera seperti di Aceh, Riau dan juga Muara Enim. Selainitu ada juga di pulau Jawa, tepatnya di Wonokromo-Surabaya, Cepu (Rembang) dan juga majalengka (Jatibarang). Di pulau Kalimantan terdapat tambang minyak Bumi di Tarakan, Amuntai dan juga Sungai Mahakam. Setelah daerah- daerah yang telah kita sebutkan sebelumnya, bahwa tambang minyak Bumi juga ada di aderah Maluku dan juga Papua. Sebagai informasi untuk kita semua, selain di daratan, pertambangan minyak bumi juga terdapat di area lepas pantai.

BACA JUGA:Banyak Tersimpan Harta Karun di Papua, Segini Jumlah Hasil Tambang Perak Deep Mill Level Zone Papua

13. Timah

Jenis barang tambang yang selanjutnya dan sudah sangat terkenal adakah timah. Timah merupakan salah satu barang tambang yang sangat penting. Timah yang sudah diolah dapat digunakan sebagai kaleng makanan, pelipis besi supaya tidak mudah berkarat, serta lembaran imah dapat digunakan sebagai pembungkus permen, coklat, hingga rokok. Barang tambang timah ini dapat kita temukan pada batuan- batuan granit yang masih berbentuk serpihan- serpihan kecil. Amun di dalam pengolahannya, timah adan dipisahkan dari batuan granit untuk mendapatkan konsentrasi tinggi hingga pada akhirnya dioalah menjadi biji timah dan menjadi timah produksi yang dipakai dalam usaha yang skalanya lebih besar.

Indonesia dikenal sebagai negara penghasil timah yang sangat terkenal. Bahkan Indonesia menduduki negara penghasil timah terbesar nomor 4 di dunia setelah Malaysia, Thailand, dan juga Bolivia. Di Indonesia, tambang timah banyak sekali terdapat di Pulau Bangka, Singep dan juga daratan Riau.

14. Tembaga

Jenis barang tambang yang juga terkenal lainnya ialah tembaga. Tembaga sudah akrab di telinga masyarakat karena seringkali dimanfaatkan dalam kehidupan sehari- hari. misalnya tembaga ini digunakan dalam pembuatan alas- alat listrik seperti kabel, untuk peralatan industri konstruksid, pembuatan kapal- kapal laut hingga untuk membuat pipa air. Semua ini termasuk benda- benda yang sangat penting bagi manusia. tembaga merupakan semuah loga. Tembaga berkilau seperti emas, namun tidak secemerlang emas. Selain itu warna dari tembaga ini kuning kemerah- merahan. Indonesia termasuk negara yang banyak menghasilkan tembaga. Di Indonesia, tambang tembaga ini banyak kita jumpai di daerah Papua, dimana pengolahannya juga merupakan pengolah tambang emas terbesar, yakni PT. Freeport Indonesia.

BACA JUGA:Masih sangat Banyak, Segini Cadangan Harta Karun yang Tersimpan di Tambang Perak Martabe Sumatera Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: