Iklan dempo dalam berita

Berikut 8 Uang Kuno Indonesia Termahal Mencapai Ratusan Juta, Cek Siapa Tahu Kamu Ada

Berikut 8 Uang Kuno Indonesia Termahal Mencapai Ratusan Juta, Cek Siapa Tahu Kamu Ada

Uang kuno Indonesia--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Berikut 8 uang kuno Indonesia termahal mencapai ratusan juta, cek siapa tahu kamu ada.

Uang kuno kini memikat para kolektor dengan nilai fantastisnya yang mencapai ratusan juta rupiah per keping atau lembar, sebuah fakta yang memang memukau. 

BACA JUGA:Begini Cara Mendapatkan Izin Usaha Pertambangan Harta Karun Emas, Lengkap dengan Ketentuannya

Meskipun tidak lagi berperan sebagai alat pembayaran dalam transaksi sehari-hari, justru kelangkaanlah yang membuatnya semakin berharga. Dihentikannya produksi uang kuno membuatnya semakin langka, mendorong permintaan melonjak tinggi dan ketersediaan semakin terbatas, yang pada gilirannya meningkatkan nilai jualnya secara signifikan.

Berikut ini deretan uang kuno Indonesia termahal yang dijual mencapai ratusan juta. 

1. Uang koin Rp 500 Tahun Emisi 1992

Pada tahun 1992, Bank Indonesia pernah menerbitkan uang koin nominal Rp 500 bergambar bunga melati besar dan berwarna emas. Sayangnya, koin Rp 500 Tahun Emisi 1992 sudah ditarik dari peredaran berdasarkan peraturan Bank Indonesia Nomor:8/27/PBI/2006 dan saat ini banyak dijual di situs jual beli online. Harganya cukup fantastis, yaitu puluhan hingga ratusan juta rupiah.

BACA JUGA:Jenis Tanaman Ini Bisa Hasilkan Harta Karun Emas, Apakah di Indonesia Termasuk? Ini Faktanya

2. Uang Logam Gambar Kelapa Sawit

Gladdys Collection adalah salah satu penjual di situs jual-beli online Tokopedia yang menjual koin kuno Rp 1000 bergambar kelapa sawit dengan harga sebesar Rp 100 juta per keping. 

Penjual lain juga menawarkan dengan harga jutaan hingga puluhan juta. Uang logam Rp 1000 yang bergambar kelapa sawit memiliki emisi tahun 1993 dan masih berlaku sebagai alat pembayaran. Bank Indonesia (BI) sampai saat ini belum menarik peredaran uang logam tersebut.

3. Uang Koin Kuno Rp 100 Tahun Emisi 1973

Pecahan uang Rp. 100 dalam bentuk logam dan diproduksi pada tahun 1973 juga masuk kategori koin kuno termahal di Indonesia. Menurut akun Supandi Jaya di situs jual beli online Tokopedia, koin asli keluaran tahun 1973 dengan nilai Rp. 100 ini dijual dengan harga mencapai Rp 10.000.000. Wah, harga yang terbilang fantastis ini cukup menjadi alasan mengapa banyak yang mencari dan menjual koin kuno sebagai koleksi.

BACA JUGA:Langkah Mudah Temukan Harta Karun, Ini Dia 5 Ciri Pasir Mengandung Emas, Begini Cara untuk Mengetahuinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: