Iklan dempo dalam berita

Sumber Kekayaan Negara dan Rakyat, Berikut Daftar Daerah Penghasil Harta Karun Timah di Indonesia

Sumber Kekayaan Negara dan Rakyat, Berikut Daftar Daerah Penghasil Harta Karun Timah di Indonesia

Daerah penghasil harta karun timah di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMSumber kekayaan negara dan rakyat, berikut daftar daerah penghasil harta karun timah di Indonesia.

Indonesia, sebagai negara yang dianugerahi kekayaan sumber daya alam yang melimpah, menonjol dalam sektor pertambangan mineral dan batu bara dengan salah satu komoditas utamanya adalah timah, yang dalam dunia kimia dikenal sebagai Selenium (Sn).

Logam berat yang berwarna abu-abu kebiruan dan ditemukan secara alamiah di kerak bumi adalah timah.

BACA JUGA:Hukum Mematikan Lampu Saat Berhubungan Suami Istri Dalam Pandangan Islam

Salah satu sifat khas dari timah adalah memiliki titik leleh yang rendah, sehingga memungkinkannya untuk dilelehkan dan dicetak dengan mudah.

Timah memiliki beragam aplikasi dalam industri, di antaranya sebagai bahan pembuatan timah hitam dan timah putih. 

Timah hitam digunakan dalam pembuatan kabel dan baterai, sedangkan timah putih, yang merupakan campuran dari timah dan seng, digunakan dalam pembuatan logam anti-karat dan solder.

Meskipun memiliki manfaat yang signifikan dalam industri, penggunaan berlebihan timah dapat berdampak negatif pada kesehatan manusia dan lingkungan.

BACA JUGA:Begini Cara Mengolah Harta Karun Emas Mentah Hasil Tambang, Ketahui 9 Tahapan Umum Pengolahan

Sejumlah daerah di Indonesia menjadi pusat produksi timah, meliputi Pulau Karimun, Kundur, Singkep, dan sebagian daratan Sumatera, seperti Bangkinang di utara yang melanjutkan ke arah selatan hingga Pulau Bangka dan Belitung.

Lokasi-lokasi ini terletak di sepanjang jalur yang dikenal sebagai The South East Asia Tin Belt (Sabuk Timah Asia Tenggara).

Pulau-pulau yang menjadi sumber utama produksi timah ini disebut sebagai The Indonesian Tin Islands.

Pulau Bangka termasuk dalam jalur orogenese Melayu yang melintasi sabuk timah terbesar di dunia, membentang dari Birma, melalui Malaysia, Singkep, Bangka, hingga Pulau Belitung.

Karakteristik timah meliputi sifat-sifat uniknya seperti titik leleh yang rendah, keuletan, keberkilauan, dan konduktivitas listrik yang baik. Terdapat dua jenis utama timah, yaitu timah hitam (atau grafit) dan timah putih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: