Iklan dempo dalam berita

Jejak Digital Apa saja yang Ditinggalkan di Internet dan 3 Kegunaan Jejak Digital

Jejak Digital Apa saja yang Ditinggalkan di Internet dan 3 Kegunaan Jejak Digital

Jejak digital yang tertinggal di internet--

3. Hapus akun atau unggahan yang berpotensi merugikan diri sendiri

Berkaitan dengan sikap bijak selama berinternet, membangun citra baik di dunia maya sangat penting terutama bagi kehidupan profesional.

BACA JUGA:Perhatikan Kualitas Resolusi, Berikut Rekomendasi Jenis Layar HP agar Mata Aman dan Nyaman

Berhasil membangun citra positif, mempermudah kamu memperoleh kesempatan bagus di dunia profesional, khususnya dalam hal pekerjaan dan pendidikan.

Apabila menyadari memiliki rekam jejak internet yang kurang baik atau malah pernah memberikan informasi secara berlebihan di dunia maya, maka cara menjaga rekam jejak digital adalah dengan menghapus akun maupun unggahan yang berpotensi merugikan diri sendiri. 

Cara ini cukup ampuh meminimalisir terjadinya penyalahgunaan informasi juga menghindari upaya scamming.

4. Batasi pelacakan aplikasi

Cara lainnya yang dapat diterapkan untuk menjaga rekam jejak aktivitas digital, yaitu membatasi pelacakan aplikasi. Sering-seringlah menghapus riwayat cookies untuk menghentikan aktivitas pelacakan yang dilakukan oleh browser dan aplikasi. 

BACA JUGA:Kitab Primbon Jawa, Ini Nama-nama Tahi Lalat dan Maknanya, Ada yang Pembawa Keberuntungan

Opsi lainnya untuk membatasi pelacakan lewat browser, aktifkan tab incognito (mode penyamaran). Mode incognito dapat menghentikan aplikasi lain melakukan pelacakan apabila diminta oleh pengguna. Misalnya menghapus jejak setelah mengisi survei online dan riwayat pencarian di browser.

5. Pikirkan baik-baik sebelum mengunggah konten

Hal lain yang perlu dilakukan demi menjaga digital footprints adalah selalu pertimbangkan baik-baik sebelum mengunggah konten maupun berinteraksi dengan pengguna lain.

Ingatlah bahwa semua aktivitas yang dilakukan di internet pasti meninggalkan jejak, sehingga perlu bijaksana dalam berinternet.

Pertimbangkan untuk jangka panjang bahwa unggahan yang bersifat negatif atau kontroversial, sewaktu-waktu dapat menjadi bumerang bagi diri sendiri. Jadi sebaiknya, bangunlah citra positif di publik serta menghindari blunder demi kebaikan. 

BACA JUGA:Daftar 10 Motor Honda Terbaru 2024 dan Harga OTR, Lengkap dengan Sejumlah Spesifikasi Unggulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: