Iklan dempo dalam berita

Bahaya Tetanus! Begini Cara Menghilangkan Bengkak Akibat Duri Sawit

Bahaya Tetanus! Begini Cara Menghilangkan Bengkak Akibat Duri Sawit

Cara menghilangkan bengkak akibat tertusuk duri sawit--

Ambil madu murni dan oleskan pada luka akibat duri sawit. Pastikan luka sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum mengoleskan madu.

Tutup luka dengan perban steril atau kain bersih agar madu tetap menempel pada luka. Lakukan secara teratur hingga luka sembuh dengan sempurna.

4. Konsultasikan ke Dokter

Jika bengkak dan nyeri masih berlanjut setelah pengobatan pertama, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

BACA JUGA:KTA BNI Fleksi Bisa untuk Karyawan Usia Minimum 21 Tahun, Pinjam Rp 150 Juta Siapkan Dokumen Ini

Terkadang, perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengevaluasi kondisi dan memastikan tidak ada masalah lain yang mendasari. Ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan dan merawat luka dengan baik.

Namun, jika dalam keadaan mendesak untuk pertolongan pertama terkena duri sawit, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami yang bisa jadi solusi pertolongan pertama seperti berikut ini.

1. Bawang merah

Bawamg merah adalah salah satu bahan yang sudah di percaya sejaka lama untuk menetralkan bisa atau racun khusunsnya tertusuk duri, garam merah dikenal sebagai bahan anti inflamasi atau anti pradangan dan mengurangi rasa nyeri. 

Selain itu bawang merah juga disebut sebagai anti bakteri, sehingga sangat masuk akal jika garam menjadi bahan yangbselalu digunakan secara turun temurun. Sangat cocok digunakan untuk duri bahan berbisa.

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Ini Manfaat Biji Duku untuk Kesehatan, Salah Satunya Kesehatan Jantung

2. Bawang putih

Seperti bawang merah, namun bawang putih sering digunakan dalam proses pengeluaran duri, bawang putih biasanya dibakar sedikit kemudian di gosokkan pada pinggir-pinggir bagian kaki yang terkena duri, sehingga mengurangi rasa sakit saat akan dicabut.

3. Getah pepaya

Getah dikenal memiliki banyak sekali kandungan kimianya dan sering dijadikan sebagai ramuan dan kecantikan, tidak tertinggal getah pepaya juga mengandung senyawa antiseptik untuk obat luka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: