Iklan dempo dalam berita

4 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Mulai yang Terbesar hingga Tertua

4 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Mulai yang Terbesar hingga Tertua

4 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia--

Kilang minyak Plaju kali pertama didirikan oleh Shell dari Belanda pada 1904. Tak lama berselang, pada 1926, Stanvac asal Amerika Serikat berhasil mendirikan Kilang minyak Gerong. 

Sekarang, dua kilang minyak tersebut digabung menjadi Kilang minyak Plaju yang beroperasi di bawah pengelolaan Pertamina.

Saat ini, Kilang minyak Plaju telah memiliki kapasitas produksi hingga mencapai 127.300 barel minyak per hari. 

BACA JUGA:Harta Karun di Aceh Selain Emas, Tambang Perak Meuleaboh Jadi Daerah Penghasil Logam Mulia

Salah satu kegiatan utama dari kilang minyak ini adalah melakukan pengolahan minyak mentah. Selain itu, Kilang minyak Plaju juga mampu mengolah intermediate product hingga menjadi produk jadi. 

Beberapa produk jadi yang berhasil diproduksi, diantaranya yaitu Premium Kerosene, Solar, Fuel Oil, LPG, Avtur, Pertalite, Pertamax, hingga Pertamax Racing.

BACA JUGA:Harta Karun di Sulawesi Utara, Tambang Perak Bolaang Mongondow Penyumbang Sumber Kekayaan Alam Indonesia

4. Dumai, Riau

Daerah penghasil minyak di Indonesia keempat yaitu Kota Dumai. Kota Dumai merupakan salah satu daerah yang termasuk ke dalam Provinsi Riau. 

Kilang minyak yang berada di daerah Dumai ini dikenal dengan nama Kilang Putri Tujuh atau sering disebut juga sebagai Kilang Minyak Sungai Pakning. Kilang minyak terbesar ketiga di Indonesia ini dibawah pengelolaan Pertamina Refinery Unit II Dumai.

BACA JUGA:Penghasil Harta Karun, Tambang Perak Bengkalis Jadikan Indonesia Sebagai Pemasok Logam Mulia di Pasar Global

Kilang minyak Tujuh terletak di Jalan Raya Kilang Putri Tujuh, Tanjung Palas, Dumai Timur, Kota Dumai, Riau. 

Kilang minyak yang telah beroperasi sejak tahun 1971 ini memiliki kapasitas produksi hingga mencapai 127.000 barel minyak per hari. 

Hasil produksi dari Kilang minyak Tujuh sendiri akan didistribusikan ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, bahkan juga hingga mancanegara.

BACA JUGA:Ini Daftar Perusahaan Tambang Harta Karun Timah di Sulawesi Utara, Lantas Apa Pemanfaatan Timah Bagi Kehidupan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: