Iklan dempo dalam berita

Sumatera Utara Masih Simpan Harta Karun Tambang Minyak Bumi, Ini Titik Lokasinya

Sumatera Utara Masih Simpan Harta Karun Tambang Minyak Bumi, Ini Titik Lokasinya

Sumatera Utara Masih Simpan Harta Karun Tambang Minyak Bumi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sumatera Utara masih simpan lokasi harta karun berupa tambang minyak bumi ini besaran potensinya.

Pulau Sumatra yang terletak di sebelah barat Indonesia menyimpan segudang potensi sumber daya alam. Sumatra memiliki julukan dalam bahasa sanskerta, Swarnadwipa yang berarti pulau emas.

BACA JUGA:Harta Karun Milik Bersama di Sumatera, Berbentuk Cair Nomor 2 Terbanyak di Indonesia, Ini Lokasinya

Pulau terbesar keenam di dunia ini memiliki luas wilayah 473.481 km persegi yang terbagi menjadi 10 provinisi meliputi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Lampung.

Dalam artikel kali ini, akan mengulas potensi sumber daya alam di pulau Sumatera Utara.

BACA JUGA:Sempat Menggemparkan Dunia! Ini Deretan Harta Karun yang Sudah Pernah Ditemukan di Indonesia

Potensi Sumber Daya Alam Pulau Sumatra

Potensi sumber daya alam Pulau Sumatra dapat diketahui dengan mencermati alam di setiap provinsinya. Sebab, setiap wilayah Sumatra memiliki potensi sumber daya alam unggulan masing-masing.

Sumatra dikenal luas sebagai penghasil hasil bumi komoditi unggulan Indonesia seperti sawit, minyak bumi, timah, batu bara, gas alam, tembakau, dan bauksit. 

BACA JUGA:Penasaran Ingin Cari Harta Karun? Ini Ciri-ciri Tempat yang Ada Harta Karunnya

Berikut potensi sumber daya alam yang tersebar di Sumatera Utara:

Sumatra Utara mempunyai potensi sumber daya alam yang melimpah mulai dari minyak bumi, panas bumi, batu bara, blerang, emas dan hasil tambang lainnya.

Berdasarkan informasi berbagai sumber, potensi tambang itu dimiliki oleh Sumatra Utara, karena terletak pada pertemuan lempeng Euroasia dan lempeng Australia yang menghasilkan lelehan batuan di bawah permukaan bumi, dan merupakan sumber utama proses mineralisasi yang di permukaan bumi ditemukan endapan-endapan (deposit) mineral logam, non logam dan panas bumi.

BACA JUGA:Punya Harga yang Tak Ternilai, Inilah Harta Karun Warisan Kerajaan Majapahit yang Sebagian Dicuri Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: