Iklan dempo dalam berita

Ini Daerah Penghasil Minyak Bumi di Papua di Bagian Timur, Serta Potensi Cadangan Minyak Bumi di Papua

Ini Daerah Penghasil Minyak Bumi di Papua di Bagian Timur, Serta Potensi Cadangan Minyak Bumi di Papua

Ini Daerah Penghasil Minyak Bumi di Papua di Bagian Timur--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini daerah penghasil minyak bumi di Papua di bagian timur, serta potensi minyak bumi di Papua.

BACA JUGA:5 Provinsi Penghasil Minyak Bumi di Indonesia, Riau Masih Mendominasi Menjadi Penghasil Terbesar

Papua, sebuah provinsi yang membanggakan kekayaan alamnya, menjadi pusat perhatian dalam peta energi global karena potensi besar sebagai produsen minyak bumi.

Terletak di ujung timur Indonesia, Papua memiliki lanskap yang indah, namun di balik kecantikannya tersimpan kekayaan yang sangat berharga bagi perekonomian negara.

Minyak bumi (juga disebut minyak mentah atau petroleum), sering dijuluki sebagai "emas hitam", adalah cairan kental berwarna coklat pekat/gelap atau kehijauan yang mudah terbakar yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. 

BACA JUGA:Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia, Ini Daftar 10 Tempatnya, Adakah di Daerahmu?

Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. 

Sebelum kita membahas mengenai minyak bumi di Papua, penting untuk memahami betapa pentingnya sumber daya ini dalam peradaban manusia. 

Minyak bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya. 

BACA JUGA:Ini Daerah Penghasil Minyak Bumi dan Gas di Jawa Tengah, Apa Saja?

Setelah itu, minyak bumi akan diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar, mulai dari bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan.

Minyak bumi digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan manusia.

BACA JUGA:Manfaat Minyak Bumi Apa Saja? Simak 10 Kegunaannya Bagi Kehidupan, Berserta Keuntungan

Di bagian Timur, Indonesia memiliki potensi minyak bumi yang terletak di wilayah Papua Barat. Kilang minyak yang terkenal dengan produksi minyak bumi terbanyak yaitu Kilang Minyak Kasim atau yang dikenal dengan nama Refinery Unit VII Kasim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: