Iklan dempo dalam berita

Berapa Lama Jam Tidur Nabi Muhammad SAW? Ini Penjelasan Haditsnya

Berapa Lama Jam Tidur Nabi Muhammad SAW? Ini Penjelasan Haditsnya

Berapa Lama Jam Tidur Nabi Muhammad SAW--

Sedangkan untuk obrolan yang membicarakan urusan kemaslahatan kaum muslimin, tholabul ilmi, diskusi hukum syara' dan semaknanya dianggap tidak ada kemakruhan.

BACA JUGA:Sebelum Rungkad, Begini Cara agar Suami Berhenti Main Judi Slot, Silakan di Coba

Selain itu, ada beberapa kegiatan yang dibolehkan antara lain, tilawah, menerima tamu, membahas kaum muslimin, dan menuntut ilmu. Jika tidak ada aktivitas penting yang syar'i maka dimakruhkan bermalam setelah Isya.

لاَ سَمَرَ إِلاَّ لِمُصَلٍّ أَوْ مُسَافِرٍ

Artinya: "Tidak ada obrolan (setelah sholat Isya) kecuali bagi orang yang sedang sholat atau orang yang berpergian," (HR At Tirmidzi).

Keadaan tidur Nabi Muhammad SAW dalam posisi memejamkan mata, namun hatinya tetap terjaga. 

BACA JUGA:Ini 5 Daerah Penghasil Minyak Bumi di Sumatera, Salah Satu Lokasinya Berada di Bengkulu

Adab Nabi Muhammad SAW Ketika Tidur

Adapun adab lain yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW adalah tidur dengan menghadap ke sebelah kanan sambil berdzikir kepada Allah hingga kedua matanya terpejam dan tertidur.

Kegiatan Rasulullah SAW di malam hari adalah bermunajat penuh kepada Allah SWT baik dalam bentuk ibadah salat tahajud, berzikir, berdoa, dan membaca Al-Qur'an. 

BACA JUGA:Pasti Manjur! Begini Cara agar Burung Lovebird Cepat Kawin dan Bertelur

Waktu di mana beliau bangun untuk mengerjakan ibadah di sepertiga waktu di malam hari, yakni disebabkan pada saat itu ialah salah satu waktu yang mustajab bagi doa, yaitu waktu yang utama afdhal untuk berdoa karena besar kemungkinan akan dikabulkan Allah SWT.

Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam beberapa riwayat hadits di dalam Kitab Shahih Bukhari dari Abu Kuraib menceritakan kepada kami Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW tidak suka tidur sebelum isya dan berbincang setelahnya.

BACA JUGA:Jangan Asal-asalan! Begini Caranya agar Burung Kenari Cepat Selesai Mabung

عَنْ أَبي بَرْزَةَ أَنَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَكْرَهُ النوم قبل الْعِشَاءِ وَالحَدِيثَ بَعْدَهَا

Artinya: "Dari Abu Barzah: Bahwa Rasulullah SAW tidak menyukai tidur sebelum salat Isya dan berbincang-bincang setelah isya."

Rasulullah SAW tidur pada awal malam dan menghidupkan akhir malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: