Iklan dempo dalam berita

Aplikasi KemenPANRB, Buat SIM, Cek Bansos dan Bayar Pajak Sekali Login

Aplikasi KemenPANRB, Buat SIM, Cek Bansos dan Bayar Pajak Sekali Login

Aplikasi KemenPANRB, Buat SIM, Cek Bansos dan Bayar Pajak Sekali Login--

Aplikasi portal tersebut sudah didaftarkan kepada Play Store. Namun masih menunggu hasil perbaikan. Usai perbaikan, akan dilaksanakan demonstrasi penggunaan Portal Pelayanan Publik. 

Targetnya, masyarakat bisa mengakses Portal Pelayanan Publik pada April atau Mei.

BACA JUGA:Kesempatan Langka, Pelindo Buka Lowongan untuk Lulusan SMA hingga S1, Penempatannya di 7 Provinsi Ini

Portal Pelayanan Publik dibangun berbasis masyarakat atau citizen centric, yakni masyarakat menjadi aktor utama. Diah menjabarkan ada dua layanan yang berbasis kebutuhan individu dalam konteks citizen centric.

Pertama, personalisasi layanan, dan kedua, layanan berbasis kewajiban dan hak. Dengan begitu, portal ini memberikan rekomendasi layanam berdasarkan karakteristik dari masyarakat seperti usia, domisili, ekonomi, gender, pendidikan, dan kesehatan.

BACA JUGA:LOWONGAN PEKERJAAN, Pendaftaran Tinggal Beberapa Hari lagi, Minimal Lulusan SMA Gaji hingga Rp 6,8 Juta

"Portal Pelayanan Publik memberikan informasi kepada masyarakat mengenai hak yang didapatkan serta kewajiban yang harus dipenuhi seperti bantuan sosial, prakerja, pajak, dan produk lainnya," tutur Diah.

Arah integrasi layanan dalam Portal Pelayanan Publik telah diselaraskan dengan arahan Tim Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional, yaitu mengacu pada Peraturan Presiden No. 132/2022 tentang Arsitektur SPBE.

Perpres itu berisi ihwal inisiatif strategis seperti layanan pendidikan terintegrasi, bantuan sosial terintegrasi, hingga penerbitan SIM online. Telah diintegrasikan juga layanan lintas batas negara dalam portal pelayanan publik, serta direncanakan pada kuartal II, fokus integrasi adalah layanan transportasi, baik udara, darat, maupun laut.

"Kami juga mengundang Kementerian Perhubungan sebagai pemilik layanan yang diintegrasikan dalam waktu dekat," ungkap Diah.

(tim liputan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: