Iklan dempo dalam berita

Dijamin Ampuh! Berikut 9 Tanaman Herbal untuk Kesehatan Jantung

Dijamin Ampuh! Berikut 9 Tanaman Herbal untuk Kesehatan Jantung

Tanaman herbal untuk kesehatan jantung--ist

Tanaman alami yang kerap dijadikan bumbu masakan ini mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi, sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung hingga stroke. 

Selain itu, bawang putih juga efektif untuk mengurangi peradangan pada tubuh. 

Manfaat tersebut berasal dari kandungan senyawa allicin yang bersifat antiradang dan antioksidan. Namun, senyawa allicin dalam bawang putih juga dapat meningkatkan pengenceran darah. 

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR Pegadaian 2024, Pinjaman Rp 8 Juta, Cicilan Hanya Rp 200 Ribuan Tiap Bulan

3. Daun seledri

Daun seledri atau Apium graveolens L mengandung apigenin dan polifenol, yang dapat berperan sebagai antioksidan kuat. Ini membuat daun seledri mampu menangkal dampak buruk radikal bebas, yang merupakan penyebab terbentuknya plak dan kerusakan sel-sel endotel di pembuluh darah.

4. Daun kumis kucing

Daun kumis kucing atau orthosiphon stamineus ternyata juga memiliki efek untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian menyebutkan bahwa daun kumis kucing memiliki efek anti-inflamasi dan efek diuretik, yang mampu menurunkan tekanan darah serta membuang air berlebihan dari dalam tubuh.

BACA JUGA:Cara Merebus Telur Bebek Agar Gurih dan Tidak Bau Amis, Tambahkan 3 Bahan Ini Saja

5. Teh hijau

Obat sakit jantung alami dari tumbuhan selanjutnya adalah teh hijau. Tanaman satu ini mengandung banyak antioksidan yang juga dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. 

Oleh karena itu, teh hijau berpotensi dimanfaatkan sebagai obat sakit jantung alami karena mampu mencegah penyakit aterosklerosis atau terbentuknya plak di pembuluh darah jantung.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, mengonsumsi lebih dari 5 cangkir teh hijau dalam sehari dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. 

BACA JUGA:Biar Ngga Asal-asalan, Begini Cara Ternak Ikan Mas di Kolam Tanah agar Cepat Panen!

6. Daun kelor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: