Iklan dempo dalam berita

Walau Banyak Manfaat, Hati-hati! Ini Efek Samping Bawang Dayak jika Dikonsumsi Tidak Tepat

Walau Banyak Manfaat, Hati-hati! Ini Efek Samping Bawang Dayak jika Dikonsumsi Tidak Tepat

Efek samping konsumsi bawang dayak jika tidak tepat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Walau banyak manfaat, hati-hati! Ini efek samping Bawang Dayak jika dikonsumsi tidak tepat.

Bawang dayak, juga dikenal dengan nama bawang sabrang atau bawang berlian, merupakan tanaman herbal yang banyak ditemukan di Kalimantan. Secara ilmiah, tanaman ini dikenal sebagai Eleutherine palmifolia. 

Bawang dayak memiliki umbi yang berwarna merah dan bentuknya menyerupai bawang merah, namun dengan ukuran yang lebih besar dan aroma yang lebih kuat. 

BACA JUGA:Syarat KUR Mandiri 2024 untuk Semua Jenis Pinjaman, Limit KUR Rp500 Juta, Bunga 6 Persen

Tanaman ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional oleh masyarakat Dayak untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Keunikan Bawang Dayak

Keunikan bawang dayak terletak pada kandungan kimianya yang kaya akan senyawa aktif seperti flavonoid, tanin, dan saponin. Senyawa-senyawa ini diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan. 

Flavonoid, misalnya, dikenal sebagai antioksidan yang kuat, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Selain itu, bawang dayak juga mengandung eleutherine, eleutherol, dan eleutherol sulfonate yang memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi.

BACA JUGA:Bukan Bawang Biasa! Begini Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak agar Berkhasiat untuk Kesehatan

Selain kandungan kimianya yang unik, bawang dayak juga memiliki sejarah penggunaan yang kaya dalam pengobatan tradisional. 

Masyarakat Dayak telah menggunakan umbi ini selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari gangguan pencernaan hingga infeksi kulit. 

Metode penggunaannya pun beragam, mulai dari dikonsumsi langsung, diolah menjadi minuman, hingga dijadikan salep untuk pengobatan luar.

BACA JUGA:Viral dan Menegangkan, Warga Rekam Harimau datang ke Pondok Kebun dan Memangsa Ayam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: