Iklan dempo dalam berita

Kapan Seleksi Panwascam Pilkada 2024 Dimulai? Ini Jadwal dan Syaratnya

Kapan Seleksi Panwascam Pilkada 2024 Dimulai? Ini Jadwal dan Syaratnya

Seleksi Panwascam Pilkada 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kapan seleksi Panwascam Pilkada 2024 dimulai? Ini jadwal dan syaratnya.

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, atau yang biasa disebut Panwascam, merupakan lembaga yang memiliki tanggung jawab utama dalam mengawasi jalannya proses Pemilihan Umum (Pemilu) di tingkat kecamatan. 

Tugas, wewenang, dan kewajibannya mencakup berbagai aspek yang meliputi pengawasan terhadap tahapan penyelenggaraan Pemilu, penanganan potensi pelanggaran, serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. 

BACA JUGA:Harta Karun Emas Peninggalan Kolonial Belanda di Sumatera, Ini Sejarah dan Lokasinya

Dalam menjalankan perannya, Panwascam bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, memetakan, dan mengawasi potensi pelanggaran Pemilu di wilayah kecamatan, serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan berlangsungnya Pemilu yang transparan dan berkualitas. 

Selain itu, Panwascam juga memiliki tugas untuk mengawasi netralitas semua pihak yang terlibat dalam kegiatan kampanye, serta memastikan pelaksanaan putusan dan keputusan terkait dengan pelanggaran Pemilu.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI telah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan seleksi terhadap Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam waktu seminggu mendatang sebagai bagian dari persiapan menyongsong Pilkada serentak 2024.

BACA JUGA:Miliaran Ton Harta Karun Batu Bara di Sumatera Selatan, Ini Lokasi Detailnya

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, menyatakan bahwa Panwascam yang dinilai tidak berhasil menunjukkan kinerja yang memuaskan selama pelaksanaan Pemilu 2024 akan menghadapi proses seleksi untuk menentukan apakah mereka akan melanjutkan tugasnya dalam Pilkada.

"Jika dalam waktu seminggu ke depan, menurut penilaian atasan, penilaian kinerja, dan hasil-hasil yang telah dicapai dalam pengawasan, yang bersangkutan tidak menunjukkan performa yang baik, maka kami akan melakukan seleksi," ungkap Bagja di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, pada hari Minggu.

Bagja juga menegaskan bahwa Panwascam yang telah berhasil menunjukkan kinerja yang baik akan diberi kesempatan untuk melanjutkan tugasnya dalam Pilkada.

Namun, Bagja juga mengungkapkan bahwa rekrutmen baru akan dilakukan jika ada Panwascam yang tidak dapat melanjutkan tugasnya.

BACA JUGA:Sudah Dibuka, Ini Jadwal Pendaftaran PPK dan PPS Pilkada Serentak 2024

Meskipun demikian, Bagja menyatakan bahwa Bawaslu tidak memiliki perkiraan pasti berapa banyak Panwascam yang mungkin tidak akan melanjutkan tugasnya untuk Pilkada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: