Iklan dempo dalam berita

Sering Terjadi Tanpa Pandang Usia, Ternyata Ini yang Menjadi Penyebab Cegukan

Sering Terjadi Tanpa Pandang Usia, Ternyata Ini yang Menjadi Penyebab Cegukan

Penyebab Cegukan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sering terjadi, ternyata ini yang menjadi penyebab cegukan.

Penyebab utama cegukan adalah adanya kontraksi atau menegangnya diafragma, otot yang terletak di antara rongga dada dan perut.

BACA JUGA:Khasiat Daun Meniran Buat Penderita Asam Urat dan Cara Mengolahnya, Serta Makanan yang Dilarang

Kontraksi otot diafragma ini bisa terjadi secara mendadak tanpa bisa dikendalikan. Kontraksi tersebut menyebabkan udara dari luar masuk ke paru-paru dengan cepat.

Akibatnya, katup epiglotis di belakang lidah harus segera menutup agar makanan, minuman, atau air liur tidak ikut terisap ke paru-paru. Penutupan epiglotis yang mendadak inilah yang menimbulkan suara ‘hik’ saat cegukan.

BACA JUGA:Alami dan Murah, Berikut Tanaman untuk Obat Asam Urat, Bisa Ditanam di Samping Rumah

Nah, cegukan sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari makan terlalu banyak, minuman bersoda, hingga konsumsi alkohol. 

Berikut adalah berbagai penyebab cegukan yang umum ditemukan pada orang dewasa:

1. Jenis makanan tertentu

Beberapa jenis makanan memang bisa menjadi penyebab cegukan, terutama makanan kering atau yang rasanya terlalu pedas.

Makanan kering, seperti roti, cenderung lebih sulit dikunyah atau ditelan daripada makanan lunak. Jenis makanan kering rentan melukai dan mengiritasi lapisan kerongkongan.

Sejumlah saraf yang ada di kerongkongan akan terangsang dan memicu kontraksi diafragma, sehingga pada akhirnya menyebabkan cegukan.

Konsumsi makanan pedas juga memberikan efek serupa. Kandungan capsaicin pada makanan dengan cabai berikatan dengan reseptor khusus pada diafragma.

Akibatnya, otot diafragma akan berkontraksi atau menegang. Aliran udara ke batang tenggorokan pun berlangsung dengan cepat dan cegukan terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: