Iklan dempo dalam berita

Indonesia Berkilau Emas! Segini Cadangan Harta Karun Emas di Dompu Nusa Tenggara Barat

Indonesia Berkilau Emas! Segini Cadangan Harta Karun Emas di Dompu Nusa Tenggara Barat

Lokasi dan cadangan emas di Dompu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Indonesia berkilau emas! Segini cadangan harta karun emas di Dompu Nusa Tenggara Barat.

Indonesia merupakan salah satu produsen emas terbesar di dunia. Perkiraan produksi emas Indonesia mencapai 48 ton per tahun.

Indonesia memiliki cadangan emas sejumlah 5 persen atau setara 2.600 ton emas yang masih dapat ditambang atau diekstraksi. Perkiraan jumlah cadangan emas tersebut sama dengan cadangan emas yang dimiliki oleh Brazil.

BACA JUGA:Lokasi Harta Karun Emas di Lumajang Jawa Timur, Ini Lokasi Detailnya

Sementara itu, daerah penghasil emas di Indonesia tersebar di beberapa provinsi, mulai dari kawasan di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Maluku, hingga Jawa.

Beberapa contoh daerah penghasil emas terbesar di Indonesia ialah Kalimantan Tengah, Papua Tengah, dan Nusa Tenggara Barat. 

PT Sumbawa Timur Mining (STM) mengumumkan penemuan deposit bijih tembaga emas Onto di wilayah Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sejak tahun 2010 lalu, pihaknya telah melakukan kegiatan eksplorasi di dalam wilayah KK (kontrak karya) Proyek Hu'u.

Sumber daya alam yang ditemukan di lokasi tersebut diperkirakan seberat 2 miliar ton. Penemuan ini terdiri dari potensi sumber daya mineral sebesar 1,1 miliar ton tembaga dan emas, serta potensi sumber daya mineral terekam sebesar 1 miliar ton tembaga dan emas.

BACA JUGA:Kota Kecil di Sumatera Barat Ini Ternyata Punya Harta Karun Emas Hitam, Ada di 4 Titik Lokasi

Tahun 2022, PT STM masih melakukan eksplorasi dan direncanakan pada 2026 - 2028 sudah masuk tahap eksploitasi atau penambangan. 

Pemprov NTB akan memfasilitasi PT STM untuk mempercepat ke tahap eksploitasi, termasuk terkait dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan lainnya. PT STM merupakan pemegang kontrak karya (KK) generasi ketujuh yang ditandatangani oleh Pemerintah Indonesia pada 19 Februari 1998.

Dengan temuan ini, Dompu memiliki potensi cadangan emas yang signifikan. Bila mengacu pada klaim sebelumnya, cadangan emas di Dompu diperkirakan mencapai 1,38 juta ton emas, karena tambang Batu Hijau milik Newmont memiliki cadangan 690.000 ton emas. Selain itu, cadangan tembaga di Dompu diperkirakan melebihi 8,6 juta ton atau 19 miliar pounds.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman BRI 2024 Non KUR Plafon Rp 55 Juta, Angsuran Ringan dan Persyaratan Simpel

Sementara itu, Indonesia memang kaya akan mineral, salah satunya adalah tambang emas. Sejak dulu sampai saat ini, temuan tambang emas raksasa tak pernah berhenti di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: