Iklan dempo dalam berita

Warga Banyuwangi Harusnya Kaya Raya, Segini Cadangan Harta Karun Emas dan Lokasinya di Banyuwangi Jawa Timur

Warga Banyuwangi Harusnya Kaya Raya, Segini Cadangan Harta Karun Emas dan Lokasinya di Banyuwangi Jawa Timur

Jumlah cadangan dan lokasi harta karun emas di Banyuwangi Jawa Timur--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMWarga Banyuwangi harusnya kaya raya, segini cadangan harta karun emas dan lokasinya di Banyuwangi Jawa Timur.

Salah satu wilayah di indonesa yang banyak potensi perkembangan emas adalah Jawa Timur. Hal ini bisa terlihat dari hasil bumi yang menghasilkan banyak emas. Maka dari itu, Indonesia perlu berbangga sebab di beberapa wilayah di Indonesia kaya akan hasil emasnya. 

Jawa Timur, yang terletak di sisi timur Pulau Jawa, Indonesia, merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya mineral, termasuk deposit emas yang signifikan. 

BACA JUGA:Harta Karun Paling Langka dan Diminati Dunia Ada di Indonesia, Lokasinya Ada di Ibu Kota Sulbar

Meskipun bukan pemegang terbesar cadangan emas Indonesia, Jawa Timur memegang peranan penting dalam berbagai kegiatan pertambangan, menggabungkan operasi komersial besar dan praktik pertambangan skala rakyat.

Wilayah Jawa Timur kini banyak menghasilkan potensi hasil bumi yang bisa dimanfaatkan untuk negara. Salah satu wilayah yang menonjol dengan kandungan emasnya adalah di Tumpang Pitu atau Tujuh Bukit, Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi.

Tambang Emas Tumpang Pitu pertama kali ditemukan pada tahun 1997 oleh PT Aneka Tambang (Antam) dan kemudian diambil alih oleh PT Merdeka Copper Gold Tbk pada tahun 2012. Setelah melakukan eksplorasi dan penambangan, tambang ini resmi memulai produksi pada tahun 2016.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman Pegadaian Syariah, Pinjam Uang Rp 8 Juta Cair Tidak Pakai Bunga

Tambang Emas Tumpang Pitu terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya berada di kawasan hutan lindung yang berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Kawasan sekitar tambang ini juga terdapat beberapa desa, seperti Desa Tumpang Pitu, Desa Pancer, dan Desa Sumberagung.

Tambang Emas Tumpang Pitu memiliki cadangan emas sebesar 8,5 juta ons dan diperkirakan dapat memproduksi sekitar 350.000 ons emas per tahunnya.

Metode penambangan yang digunakan adalah penambangan terbuka dengan menggunakan alat berat seperti ekskavator dan dump truck.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman Gadai BPKB Motor di Pegadaian, Pinjam Rp 10 Juta Per Bulan hanya Rp 500 Ribuan

Tambang Emas Tumpang Pitu memiliki dampak yang signifikan bagi lingkungan sekitar. Penambangan emas yang dilakukan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan seperti erosi tanah, pencemaran air, dan hilangnya habitat satwa liar. 

Namun, PT Merdeka Copper Gold Tbk telah melakukan upaya penghijauan dan perbaikan lingkungan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan. Selain itu, tambang ini juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: