Iklan dempo dalam berita

Jadi yang Terdepan Dalam Produksi Gas Alam, Intip Ladang Gas Alam di Sumatera Selatan

Jadi yang Terdepan Dalam Produksi Gas Alam, Intip Ladang Gas Alam di Sumatera Selatan

Potensi dan lokasi gas alam di Sumatera Selatan--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jadi yang terdepan dalam produksi gas alam, intip potensi dan lokasi gas alam di Sumatera Selatan.

Gas alam merupakan salah satu pilar utama dalam pasokan energi global yang sangat vital. Lebih dari sekadar menjadi sumber penting bagi produksi bahan bakar, gas alam memegang peranan yang tak tergantikan sebagai komponen utama dalam pembuatan pupuk amonia. 

BACA JUGA:Bila Berburu Akik, Kenali Dulu 4 Cara Jitu Membedakan Batu Bacan Asli dan Palsu Disini

Sumber daya ini, bersama dengan minyak bumi, terbentuk dari sisa-sisa organik seperti tanaman, hewan, dan mikroorganisme yang terkubur di dalam lapisan tanah selama jutaan tahun, menjadikannya salah satu dari sedikit sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Dalam bahasa Inggris, gas alam juga dikenal sebagai natural gas.

Meskipun bersumber dari fosil seperti minyak bumi dan batu bara, gas alam memiliki perbedaan signifikan dalam hal tingkat polutan. Sebagai salah satu sumber energi fosil yang paling bersih, gas alam memiliki intensitas karbon yang jauh lebih rendah dibandingkan minyak bumi dan batu bara. 

BACA JUGA:Bumi Rafflesia Punya Harta Karun, Ini Potensi dan Lokasi Gas Alam di Bengkulu

Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan dan efisien. Dengan karakteristik ini, natural gas menjadi komponen vital dalam pasokan energi global, yang tidak hanya aman, tetapi juga sangat berharga dalam konteks energi saat ini.

Menurut laporan Statistical Review of World Energy 2016, natural gas menyumbang sekitar 23% dari total sumber energi primer dunia. Selain itu, peranannya sangat signifikan dalam berbagai sektor ekonomi global, termasuk industri, pembangkit listrik, dan pemukiman. 

Negara Indonesia merupakan negara dengan cadangan gas alam terbesar ketiga di Asia Pasifik. Sebagai salah satu negara dengan cadangan natural gas terbesar, Indonesia berkontribusi memenuhi 1,5% total cadangan gas dunia.

BACA JUGA:Ternyata 5 Kelompok Orang Ini Tidak Boleh Minum Air Rebusan Daun Salam, Siapa Saja dan Mengapa?

Dalam produksi natural gas, Indonesia saat ini memproduksi sekitar dua kali lipat lebih banyak natural gas dari kebutuhan konsumsinya. Kendati demikian kebanyakan dari hasil produksi tersebut diekspor ke berbagai penjuru dunia, mengakibatkan tetap tidak terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan natural gas di industri domestik.

Provinsi Sumatera Selatan menjadi yang terdepan dalam produksi gas alam di Indonesia, menempatkannya sebagai penghasil terbesar dalam negeri. 

Enam kabupaten di Sumatera Selatan turut berperan dalam pengolahan sumber daya alam ini, dengan pusat aktivitas utamanya terletak di Kabupaten Musi Banyuasin. 

BACA JUGA:Tabel Angsuran Pinjaman BCA Rp 100 Juta, Suku Bunga 6 Persen, Syarat Usia Minimal 21 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: