Iklan dempo dalam berita

Harta Karun Logam Tanah Jarang Jadi yang Terlangka di Dunia dan Ada di Indonesia, Cek Lokasinya

Harta Karun Logam Tanah Jarang Jadi yang Terlangka di Dunia dan Ada di Indonesia, Cek Lokasinya

Harta Karun Logam Tanah Jarang Jadi yang Terlangka di Dunia dan Ada di Indonesia, Cek Lokasinya--Foto: ist

"Kami inginnya segera dapat dilelang karena kami terus menyusul yang lain gitu," ungkap Wafid dengan optimis.

Langkah ini mendapatkan dukungan penuh dari Menteri ESDM, yang telah memberikan arahan kepada Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) untuk melanjutkan proses lelang.

"Kita mencoba mengusulkan dua wilayah kalau tidak salah ya untuk LTJ, saya kira tinggal di-follow up sama Dirjen Minerba ini," tambah Wafid.

BACA JUGA:Harta Karun Cair, Ini Lokasi dan Potensi Cadangan Minyak Bumi Kalimantan Timur

Badan Geologi telah lama gencar melakukan kegiatan eksplorasi terhadap "harta karun super langka" LTJ ini.

Sejak tahun 2021, beberapa lokasi strategis telah dieksplorasi, termasuk Bangka dan Belitung pada tahun tersebut, serta Mamuju, Sulawesi Barat, dan Parmonangan di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada tahun 2022.

Eksplorasi ini bertujuan untuk mengungkap potensi sumber daya alam yang ada, serta untuk mengidentifikasi cadangan logam tanah jarang yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan nasional.

Indonesia memiliki potensi harta karun logam tanah jarang yang sangat besar, namun pemetaannya hingga kini dinilai masih belum optimal.

BACA JUGA:Berlimpah Harta Karun Cair Ribuan Barel! Ini Potensi dan Titik Lokasi Cadangan Minyak Bumi di Riau

Wakil Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Bidang Mineral, Yoseph C.A Swamidharma, menegaskan perlunya eksplorasi yang lebih mendetail karena kandungan logam tanah jarang di Indonesia berbeda dengan benua-benua besar lainnya.

"Kita memang memiliki potensi yang besar, namun perlu upaya lebih lanjut untuk memahami secara detail potensi tersebut," ujarnya.

Logam tanah jarang di Indonesia, seperti monasit dan zirkon, merupakan produk ikutan dari mineral timah yang telah lama dieksplorasi.

Saat ini, eksplorasi LTJ lebih banyak dilakukan oleh pihak swasta, namun data dan temuan mereka belum sepenuhnya dimasukkan dalam inventarisasi resmi.

BACA JUGA:Penemuan Harta Karun Terbesar Sejak Tahun 2000, Ini Potensi dan Lokasi Cadangan Minyak Bumi di Riau

Lalu, apa itu logam tanah jarang?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: