Iklan dempo dalam berita

Luar Biasa Potensi dan Lokasi Batu Bara di Aceh, Ada Cadangan Harta karun 1.5 Miliar Metrik Ton

Luar Biasa Potensi dan Lokasi Batu Bara di Aceh, Ada Cadangan Harta karun 1.5 Miliar Metrik Ton

Potensi dan Lokasi Batu Bara di Aceh--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  Potensi dan lokasi batu bara di Aceh sungguh luar biasa, di lokasi ini ada cadangan harta karun 1,5 miliar metrik ton.

Batu bara adalah salah satu sumber daya alam yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan purba yang terperangkap dan terkubur di dalam lapisan bumi selama jutaan tahun. 

BACA JUGA:Kata Kementerian ESDM, Harta Karun Hitam di Jambi Baru Habis 100 Tahun Lagi, Ini Titik Lokasinya

Provinsi Aceh, yang kaya akan sumber daya mineral dan batubara, telah menjadi sorotan bagi para investor di sektor pertambangan, baik dari tingkat lokal, nasional, maupun internasional. 

Hal ini terbukti dari data mengenai Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan perusahaan tambang pada periode 2010-2012 yang dirilis oleh Dinas Pertambangan dan Energi Aceh.

BACA JUGA:Misteri Peninggalan Harta Karun 6.000 Ton Emas di Indonesia, Jarahan Tentara Jepang di Perang Dunia II

Dimana data ini menunjukkan bahwa ada 92 perusahaan tambang yang telah memiliki IUP Eksplorasi, dan 17 perusahaan tambang telah beroperasi dengan izin dari tahun 2006 hingga 2010 di hampir seluruh kabupaten di Provinsi Aceh.

BACA JUGA:Aceh Simpan Harta Karun Emas yang Dikerjakan Sarjana Dari Persia, Dekat Dari Bekas Istana Raja Peureulak

Potensi dan Lokasi Batu Bara di Aceh

Menurut data yang dihimpun oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Aceh, saat ini Aceh memiliki potensi cadangan batu bara yang mencapai sekitar 1,5 miliar metrik ton, yang tersebar di beberapa kabupaten di wilayah tersebut. 

Kepala Dinas ESDM Aceh, Mahdinur, menjelaskan bahwa estimasi potensi keberadaan batu bara di Aceh mencapai angka sebesar 1,5 miliar metrik ton, walaupun data ini masih bersifat perkiraan dan belum terukur secara pasti. 

BACA JUGA:Harta Karun Hitam di Kabupaten Batu Bara? Ini Potensi dan Lokasi Batubara di Sumatera Utara

Dari total potensi tersebut, sekitar 500 juta metrik ton telah terukur, sementara sisa potensialnya masih belum dapat dipastikan karena belum dilakukan kegiatan pengeboran yang memadai.

Menurut Mahdinur, dari total potensi cadangan batubara sebesar 1,5 miliar metrik ton di Aceh, sebagian besar masih belum terukur dan masih dalam tahap perkiraan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: