Iklan dempo dalam berita

Cadangan Harta Karun Batu Bara di Bengkulu Bisa Bertahan hingga 20 Tahun Lagi, Segini Jumlahnya

Cadangan Harta Karun Batu Bara di Bengkulu Bisa Bertahan hingga 20 Tahun Lagi, Segini Jumlahnya

Cadangan harta karun batu bara di Bengkulu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Cadangan harta karun batu bara di Bengkulu bisa bertahan hingga 20 tahun lagi, segini jumlahnya.

Harta karun tidak hanay berbentuk emas, namun batu bara juga termasuk. Ada banyak Provinsi yang memiliki harta karun batu bara, satu di antaranya Provinsi Bengkulu.

General Manager Pelindo Regional II Bengkulu S. Joko menyampaikan, selama tahun 2023 Ekspor batu bara Bengkulu mencapai 3.9 Juta ton. Hal tersebut disampaikanya pada Sabtu (16/3) saat pemaparan bersama Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah 2024.

BACA JUGA:Rincian Besaran Insentif Kartu Prakerja Gelombang 67, Simak Juga Cara Cairkan Insentif Prakerja

Pada penyampaianya, S. Joko juga menyebut, Provinsi Bengkulu memiliki kandungan perut bumi yang mayoritas adalah batu bara sebanyak 133 Juta ton yang diprediksi tidak akan habis selama 20 tahun kedepan.

Secara data, ekspor batu bara sebesar 3.9 juta ton yang terjadi di Pelabuhan Pulau Baai tahun 2023 lalu rata-rata diangkut melalui kapal vessel yang muatanya berisi 30 ribu-50 ribu ton serta muatan kapal tongkang sebesar 6000 ton – 9000 ton.

Selain itu, General Manager Pelindo Regional II Bengkulu S. Joko juga menambahkan, Provinsi Bengkulu saat ini menjadi Provinsi urut 9 se-Indonesia sebagai penghasil batu bara.

BACA JUGA:Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya tapi Ada Suaranya, Tidak Sesulit yang Dibayangkan

Adapun manfaat atau kegunaan utama batu bara adalah sebagai bahan bakar. Panas yang dihasilkan oleh batu bara sangatlah tinggi dan dapat diubah menjadi energi lainnya. Oleh sebab itu, batu bara kerap dimanfaatkan dalam kehidupan.

Namun, dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah manfaat batu bara di kehidupan sehari-hari:

1. Sumber Bahan Bakar Pembangkit Listrik

Manfaat batu bara yang paling terkenal adalah sebagai bahan bakar terbaik bagi pembangkit listrik. Untuk menghasilkan energi listrik, batu bara akan dikonversikan menjadi bentuk uap panas lalu terbentuk sumber tenaga yang bisa menghasilkan tenaga listrik dengan menggerakkan turbin generator listrik.

Sejumlah sumber energi pembangkit listrik yang umum digunakan yakni pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga uap, pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga batu bara.

BACA JUGA:Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 67 Dibuka? Simak Syarat dan Cara Daftar Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: