Iklan dempo dalam berita

Cadangan Harta Karun Batu Bara di Bengkulu Bisa Bertahan hingga 20 Tahun Lagi, Segini Jumlahnya

Cadangan Harta Karun Batu Bara di Bengkulu Bisa Bertahan hingga 20 Tahun Lagi, Segini Jumlahnya

Cadangan harta karun batu bara di Bengkulu--

Proses terbentuknya batu bara menjadi tenaga listrik bisa dilakukan sebanyak dua kali sehingga sangat hemat jika digunakan. Tenaga listrik yang dihasilkan pun bisa mencapai tegangan 400 ribu volt.

2. Menghasilkan Produk Gas

Batu bara bisa digunakan sebagai bahan yang menghasilkan produk gas. Gas alam yang dihasilkan oleh batu bara alami tersebut didapatkan dari dalam tanah dengan proses pengambilan yang memerlukan alat berteknologi canggih.

Gas alami yang dihasilkan oleh batu bara akan diolah menjadi tempat pertambangan yang bisa dimanfaatkan menjadi berbagai produk, seperti bahan bakar industri, produk hidrogen, produk solar dan pembangkit listrik tenaga gas.

BACA JUGA:Penangkapan Wiranto Sempat Kagetkan Warga Hingga Timbulkan Kerumunan
3. Bantu Industri Baja
Banyak sekali barang-barang yang menjadi kebutuhan manusia terbuat dari material baja. Misalnya peralatan kesehatan, mesin-mesin yang digunakan di dalam rumah tangga, peralatan transportasi dan peralatan pertanian.

Batu bara menjadi sangat penting karena bisa membantu perindustrian produksi baja.

4. Membantu Produksi Pupuk Pertanian
Tidak bisa dipungkiri bahwa produk pupuk pertanian kimia tidak terlepas dari bahan batu bara dalam proses pengolahannya. Untuk memproduksi pupuk pertanian, membutuhkan gas khusus yang digunakan untuk pembakaran.

Banyak produk kimia yang juga dihasilkan dari sisa olahan pembakaran batu bara yang kemudian dimurnikan menggunakan alat khusus. Proses tersebut akan membentuk bahan-bahan untuk membuat pupuk kimia.

BACA JUGA:Resmi dari PLN, Cek Besaran Tarif Listrik Terbaru Mei 2024 Untuk Seluruh Golongan

5. Berfungsi untuk Produksi Industri Aluminium
Manfaat batu bara selanjutnya adalah menjadi bahan bakar yang mendukung industri aluminium. Panas kokas dan gas yang dihasilkan dari batu bara bisa bantu memisahkan beberapa produk baja sehingga menghasilkan produk aluminium yang digunakan untuk peralatan di berbagai jenis industri.

Adapun peralatan yang dihasilkan dari aluminium adalah seperti peralatan konstruksi, peralatan pertanian, peralatan dapur hingga makanan atau minuman kaleng yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Tips Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 67, Dibuka Sebentar Lagi

6. Bantu Perindustrian Kertas
Jika dilihat dari poin-poin sebelumnya, batu bara memang banyak digunakan dalam perindustrian. Hal tersebut dikarenakan panas yang dihasilkan oleh batu bara sangatlah tinggi. Salah satu perindustrian yang memanfaatkan batu bara ada industri kertas.

Batu bara memberikan panas yang stabil di dalam mesin pengolahan serat yang digunakan pada industri bahan baku kertas. Jika tidak menggunakan bahan bakar batu bara, beberapa produk kertas mungkin tidak bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Penangkapan Wiranto Sempat Kagetkan Warga Hingga Timbulkan Kerumunan
7. Menjadi Bahan Bakar Transportasi
Bahan bakar transportasi seperti Coal Water Mixture (CWM) yang merupakan bahan bakar campuran antara batu bara dan air dengan bantuan zat aditif untuk membentuk suspensi kental homogen dan stabil bisa digunakan sebagai pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM). Keduanya memang memiliki sifat dan wujud yang sama persis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: