Iklan dempo dalam berita

Umat Muslim Boleh Tidak Puasa, Asalkan Termasuk Kelompok Berikut

Umat Muslim Boleh Tidak Puasa, Asalkan Termasuk Kelompok Berikut

Ada beberapa golongan orang dibolehkan tidak berpuasa--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Setiap umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan. Meski wajib, namun agama juga memberi ketentuan ada beberapa kelompok orang yang dibolehkan tidak berpuasa.

 

BACA JUGA:Ini Waktu Mustajab untuk Berdoa Menurut Gus Baha, Insya Allah Ijabah

Siapa saja kelompok orang tersebut, berikut informasinya:

1. Anak-anak yang Belum Baligh

Anak-anak dalam kategori ini merupakan anak-anak yang belum balig dengan tanda keluar mani bagi anak laki-laki, keluar darah haid bagi anak perempuan dan anak-anak usia di bawah 16 tahun apabila belum muncul tanda balig.

  

2. Hilang Akal Sehat

Orang-orang yang hilang akal sehatnya (ODGJ) tidak wajib berpuasa, apabila berpuasa maka ibadahnya tidak sah. Hal ini menjadi ketentuan karena syarat berpuasa salah satunya adalah berakal sehat. 

BACA JUGA:Sudah Salat Witir Apakah Masih Bisa Tahajud? Jawaban Ustad Adi Hidayat Ini Bikin Terang

3. Orang Sakit

Orang-orang yang memiliki sakit berat, umumnya diberikan rekomendasi dokter untuk meninggalkan ibadah puasa dan menggantinya dengan fidyah. Pertimbangan ini biasanya karena asupan yang dibutuhkan tidak boleh berkurang atau bahkan berpuasa dapat menambah penyakit penderitanya. 

Lain lagi dengan orang yang terserang bukan penyakit berat dan tidak mampu melanjutkan ibadah puasa hingga waktu berbuka. Maka kondisi ini bisa menjadi sebab ia boleh membatalkan puasa dan menggantinya dengan qadha setelah Ramadan.

BACA JUGA:4 Kelompok Honorer Ini Prioritas Diangkat Menjadi ASN Tanpa Tes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: