Iklan dempo dalam berita

Penemuan Harta Karun Aceh Tembaga Berkualitas Tinggi, Potensinya 2,4 Juta Ton, di Sini Lokasinya

Penemuan Harta Karun Aceh Tembaga Berkualitas Tinggi, Potensinya 2,4 Juta Ton, di Sini Lokasinya

JUmlah cadangan tembaga di Aceh dan lokasinya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Penemuan harta karun Aceh tembaga berkualitas tinggi, potensinya 2,4 juta ton, di sini lokasinya.

Indonesia menjadi salah satu dari sepuluh produsen tembaga terbesar dunia. Upaya hilirisasi industri tembaga merupakan langkah pengembangan sumber daya mineral yang potensinya sangat besar. 

Provinsi Aceh menjadi salah satu penyumbang sumber daya alam berupa tembaga. Proyek pertambangan tembaga terletak di Beutong, Kabupaten Nagan, Aceh, yang dikelola oleh PT Emas Murni Mineral (EMM), telah berhasil menemukan mineralisasi tembaga berkualitas tinggi melalui serangkaian pengeboran.

BACA JUGA:Cadangan Harta Karun Batu Bara di Bengkulu Bisa Bertahan hingga 20 Tahun Lagi, Segini Jumlahnya

Saat ini, proyek tersebut mencatatkan sumber daya JORC yang signifikan, dengan potensi mencapai 2,4 juta ton tembaga. 

Tak hanya itu, proyek ini juga memiliki potensi yang mengesankan, dengan adanya cadangan emas sebanyak 2,1 juta ounce dan perak sebanyak 20,6 juta ounce.

Selain ketiga logam tersebut, terdapat pula cadangan molibdenum berkualitas tinggi yang menjadi tambahan nilai dari proyek ini.

Di samping proyek yang dikelola oleh PT Emas Murni Mineral, Aceh juga memiliki sejumlah perusahaan tambang yang berfokus pada eksploitasi tembaga. 

BACA JUGA:Rincian Besaran Insentif Kartu Prakerja Gelombang 67, Simak Juga Cara Cairkan Insentif Prakerja

PT Indosinga Stonepratama Tembaga, dengan luas area 5.098 hektar dan IUP Eksplorasi, serta PT Anugerah Akses Bumi Tembaga dengan luas area 6.536 hektar dan juga IUP Eksplorasi, menjadi dua di antaranya. 

Selain itu, PT Pelita Sakti Semesta Tembaga juga turut serta dalam eksploitasi tambang tembaga dengan luas area mencapai 5.774 hektar dan juga memiliki IUP Eksplorasi. 

Dengan adanya proyek-proyek ini, potensi sumber daya tambang tembaga di Aceh semakin terbuka lebar, memberikan harapan untuk kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi daerah dan nasional.

Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia ikut dalam tujuh negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia.Tercatat cadangan sumber daya tembaga di Indonesia mencapai 28 miliar metrik ton pada tahun 2020.

BACA JUGA:Tips Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 67, Dibuka Sebentar Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: