Iklan dempo dalam berita

Sosok Naturalisasi Pertama Timnas Indonesia, Kiper Berdarah Belanda dan Pernah Bawa Persija Juara

Sosok Naturalisasi Pertama Timnas Indonesia, Kiper Berdarah Belanda dan Pernah Bawa Persija Juara

Sosok Naturalisasi Pertama Timnas Indonesia, Kiper Berdarah Belanda dan Pernah Bawa Persija Juara--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sosok naturalisasi pertama timnas-indonesia, kiper berdarah Belanda dan pernah bawa Persija juara.

Naturalisasi atau yang juga disebut sebagai pewarganegaraan adalah proses hukum seseorang untuk memperoleh kewarganegaraan suatu negara atau alih status dari dari WNA (Warga Negara Asing) menjadi WNI (Warga Negara Indonesia).

BACA JUGA:Indonesia Bisa Naturalisasi Pemain Eropa Tanpa Bayaran Tinggi, Ini Reaksi Media Vietnam yang Terheran-heran

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), naturalisasi diartikan sebagai pemerolehan kewarganegaraan bagi penduduk asing atau pewarganegaraan yang diperoleh setelah memenuhi syarat sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Dasar hukum mengenai naturalisasi telah diatur dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. 

Dalam UU tersebut, dijelaskan bahwa naturalisasi merupakan tata cara bagi orang asing untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui permohonan Kementerian Hukum dan HAM.

BACA JUGA:Tiga Pemain Naturalisasi Diproyeksikan Segera Memperkuat Timnas Indonesia, Kenali Sosoknya

Naturalisasi bisa juga didapat berdasarkan keinginan sendiri, melalui perkawinan dengan WNI, atau anak-anak yang belum memperoleh status kewarganegaraan. 

Pemerintah juga bisa memberikan status kewarganegaraan kepada orang asing yang berjasa bagi Indonesia, dengan alasan kepentingan negara.

Sosok Naturalisasi Pertama Timnas Indonesia

Sebelum PSSI gencar melakukan proses naturalisasi di era sepak bola modern, sudah ada sosok Arnold van der Vin yang menjadi pemain naturalisasi pertama Timnas Indonesia.

Arnold van der Vin merupakan kiper berdarah Belanda kelahiran Semarang yang tercatat sebagai naturalisasi pertama yang bermain untuk Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Ini Sosok Naturalisasi yang Terancam Gagal Bela Timnas Indonesia Meski Sudah Jadi WNI, Keturunan Jawa Timur

Van der Vin mulai mencuat dan diakui sebagai salah satu kiper jempolan Indonesia (kala itu masih Hindia-Belanda) saat merumput untuk Excelsior, salah satu klub papan atas di kompetisi khusus etnis Eropa yang ada di Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: