Iklan dempo dalam berita

Segini Cadangan Harta Karun Batubara di Kalimantan Barat, Ini Sebaran Titik Lokasinya

Segini Cadangan Harta Karun Batubara di Kalimantan Barat, Ini Sebaran Titik Lokasinya

Harta karun Batubara Kalimantan Barat--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Segini cadangan harta karun batubara di Kalimantan Barat, ini sebaran titik lokasinya.

Sebagai negara yang kaya akan hasil tambang, Indonesia saat ini dikenal sebagai salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Melansir dari laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Indonesia memiliki sumber daya batu bara sebesar 143,7 miliar ton, dengan jumlah cadangan batu bara mencapai 38,84 miliar ton.

BACA JUGA:Penguasa Harta Karun Terbesar di Indonesia, Segini Jumlah Cadangan Batu Bara Kalimantan Timur

Dengan rata-rata produksi batubara Indonesia Berkisar di angka 600 juta ton per tahun, maka Indonesia masih memiliki cadangan batu bara untuk 65 tahun ke depan, dengan asumsi tidak ada temuan cadangan baru. 

Tercatat ada sederet daerah penghasil batubara di Indonesia, salah satunya adalah Kalimantan Barat.

Kalimantan sendiri menyimpan 62,1 persen dari total potensi cadangan dan sumber daya batu bara sehingga disebut sebagai daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia.

Berikut adalah beberapa daerah di Kalimantan Barat yang dikenal sebagai penghasil batubara, yakni Melawi, Sambas, Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Bengkayang, Mempawah, dan Landak. Dari beberapa daerah tersebut, diprediksi cadangan batubara yang dimiliki Kalimantan Barat ialah kisaran 22,8 miliar ton.

Sementara itu, Provinsi yang beribukota di Pontianak ini merupakan provinsi dengan luas wilayah keempat di Indonesia.

BACA JUGA:2 Lokasi Ini Hasilkan Harta Karun Emas dan Batubara, Sumatera Selatan Juga Punya 7 Lokasi Wisata Alam

Kalimantan Barat memiliki berbagai jenis sumber daya alam yang menjadi penopang pertumbuhan ekonominya. Berikut adalah beberapa jenis sumber daya alam yang ada di Kalimantan Barat:

1. Pertambangan

Kalimantan Barat termasuk provinsi yang memiliki cadangan sumber daya alam pertambangan cukup besar. Beberapa jenis bahan tambang yang dihasilkan antara lain Batubara, bauksit, Mangan, Intan, emas, perak, bijih besi, pasir, nikel, alumunium, dan lain-lain.

Kegiatan pertambangan di Kalimantan Barat masih perlu dikembangkan lagi. Selain untuk mencapai hasil yang lebih maksimal, juga perlu pengkajian mengenai dampak lingkungan agar efek kegiatan eksplorasi terhadap lingkungan bisa diminimalisir.

2. Kehutanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: