Iklan dempo dalam berita

3 Daerah di Sumatera Punya Harta Karun Batu Bara Terbesar, Ada yang Punya Cadangan 500 Juta Ton

3 Daerah di Sumatera Punya Harta Karun Batu Bara Terbesar, Ada yang Punya Cadangan 500 Juta Ton

3 Daerah di Sumatera Punya Harta Karun Batu Bara Terbesar, Ada yang Punya Cadangan 500 Juta Ton--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 3 daerah di Sumatera punya harta-karun batu bara terbesar, ada yang punya cadangan 500 juta ton.

Batu bara adalah jenis batuan sedimen yang terbentuk dari endapan organik, terutama sisa-sisa tumbuhan yang telah mengalami proses pengubahan menjadi karbon. 

Batuan ini telah digunakan sebagai bahan bakar fosil yang paling banyak digunakan di seluruh dunia untuk menghasilkan energi dalam bentuk listrik, pemanasan, dan proses industri lainnya. 

BACA JUGA:Waw! Segini Jumlah Produksi Harta Karun Tambang Minyak di Balikpapan Perharinya 2024

Umumnya batuan ini terdiri dari karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan sulfur, serta beberapa unsur lainnya seperti logam. 

Sebagai batuan sedimen, jenis batu ini telah terbentuk secara alami sejak 340 tahun yang lalu, dan populasinya semakin tipis seiring dengan penggunaannya yang terus meningkat dan tidak diimbangi dengan penyediaan ulang.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, batuan fosil ini telah lama digunakan sebagai bahan bakar dari banyak kegiatan yang dilakukan oleh manusia. 

Tentunya hal ini membuktikan manfaat dari bahan fosil ini.

BACA JUGA:Hasilkan 260 Ribu Barel Perhari, Ini Titik Lokasi Harta Karun Tambang Minyak di Kalimantan Timur

1. Sebagai bahan bakar

Fungsi batu bara yang pertama adalah digunakan sebagai bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi dalam bentuk listrik, pemanasan, dan proses industri lainnya. 

Batu bara memiliki keunggulan sebagai bahan bakar karena ketersediaannya yang melimpah, mudah diakses, dan relatif murah.

2. Material utama berbagai industri

Batuan fosil ini juga digunakan sebagai bahan baku dalam beberapa industri seperti pembuatan baja, semen, dan bahan kimia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: