Iklan dempo dalam berita

Bagian Barat Pulau Emas Suwarnadwipa, Ternyata Punya Simpanan Emas yang Berada di Hutan Lindung

Bagian Barat Pulau Emas Suwarnadwipa, Ternyata Punya Simpanan Emas yang Berada di Hutan Lindung

Bagian Barat Pulau Emas Suwarnadwipa, Ternyata Punya Simpanan Emas yang Berada di Hutan Lindung--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bagian barat pulau-emas-suwarnadwipa, ternyata punya simpanan emas yang berada di hutan lindung.

Suwarnadwipa adalah julukan bagi orang Sumatra, turunan oleh bahasa Sansekerta yang berarti Pulau Emas atau Suwarnabhumi atau tanah yang didukung.

Bukan tanpa alasan Sumatera dijuluki Pulau Emas atau Swarnadwipa. Mengutip dari tulisan Balai Arkeologi Yogyakarta berjudul 'Svarnadvipa - Yavadvipa : Antar Nusa Satu Bangsa' , Pulau Sumatera sendiri memang tercatat dalam sejarah sebagai penghasil emas.

BACA JUGA:Di Pulau Emas Suwarnadwipa, Ternyata Masih Menyimpan 1 Juta Ton Emas yang Belum Tersentuh

Seorang astronom dan geografi Eropa yakni Claudius Ptolomaeus pernah mengelilingi sebuah wilayah yang kemudian disebut semenanjung emas (Chryse Chersonesos). Ada dua versi Semenanjung Emas yang dimaksud.

Paul Wheatley menyebut kawasan itu adalah Malaka, namun lain halnya dengan ucapan Wilhelm Volz. Belia menyebut, Semenanjung Emas merupakan Pulau Sumatera. Untuk itu lah, Pulau Sumatera dikatakan pula sebagai Swarnadwipa alias Pulau Emas.

Bagian Barat Pulau Emas Suwarnadwipa, Ternyata Punya Simpanan Emas yang Berada di Hutan Lindung.

BACA JUGA:Catatan Historis Misteri Pulau Sumatera, Dijuluki Pulau Emas Suwarnadwipa

Provinsi Sumatera Barat, yang terletak di bagian barat Pulau Sumatera, menyumbang sekitar 3,58% dari total cadangan emas yang diperkirakan ada di Indonesia. Daerah Padang Aro, Solok, khususnya Solok Selatan, Sawulontho serta banyak daerah lain yang mengandung emas.

Solok Selatan adalah kabupaten yang terletak di timur Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini resmi dimekarkan dari Kabupaten Solok pada 2004 yang mencakup wilayah seluas 3.346,20 km persegi.

Secara administratif, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi di sebelah selatan dan dikelilingi oleh tiga kabupaten lain di Sumatera Barat dari barat ke timur, yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, dan Dharmasraya. Pusat pemerintahannya terletak di Padang Aro, sekitar 161 km dari pusat Kota Padang.

BACA JUGA:Dikenal Sebagai Pulau Emas, Sumatera Jadi Penghasil Harta Karun Luar Biasa Sejak Zaman Kolonial

Meskipun baru diresmikan pada 2004, wacana pembentukan kabupaten ini telah ada sejak 1950-an. 

Wilayahnya mencakup kaki pegunungan Bukit Barisan di barat dan dataran rendah yang lebih luas di Timur. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, penduduk kabupaten Solok Selatan berjumlah 182.027 jiwa pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: