Iklan dempo dalam berita

Terkuak, Sulawesi Tengah Simpan Cadangan Harta Karun Nikel Terbesar di Dunia, Jumlahnya Fantastis

Terkuak, Sulawesi Tengah Simpan Cadangan Harta Karun Nikel Terbesar di Dunia, Jumlahnya Fantastis

Harta karun nikel di Sulawesi Tengah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Terkuak, Sulawesi Tengah simpan cadangan harta karun nikel terbesar di dunia, jumlahnya fantastis.

Nikel merupakan salah satu hasil tambang bumi yang banyak digunakan di berbagai sektor kehidupan.

Di Indonesia, berbagai perusahaan tambang juga banyak menggali dan mengolah nikel. Banyaknya penambang nikel seiring dengan kebutuhan nikel yang meningkat setiap tahun.

Sebenarnya, nikel adalah hasil tambang bumi yang sangat penting dan memiliki kegunaan di berbagai sektor, termasuk industri, kesehatan, dan pengobatan.

BACA JUGA:Mantan Pejabat ini Dituntut 8 Tahun Penjara, Didenda Rp 500 Juta dan Uang Pengganti Rp 1,6 Miliar

Perlu diketahui, nikel adalah salah satu unsur kimia yang tergolong dalam logam transisi dan memiliki nomor atom 28 dalam tabel periodik.

Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon dengan target 32 persen atau setara dengan 912 juta ton CO2 pada tahun 2030.

Tentunya, target tersebut akan mendorong peningkatan kapasitas pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT), yakni salah satunya yang akan diwujudkan melalui komoditas nikel. Berdasarkan data Badan Geologi pada 2020, Indonesia merupakan negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia.

BACA JUGA:Jadi Sumber Energi, Begini Cara Mengolah Minyak Bumi Menjadi Bahan Bakar

Sulawesi Tengah Simpan Cadangan Harta Karun Nikel Terbesar di Dunia

Peneliti The Prakarsa Lembaga Penelitian dan Advokasi Kebijakan Ricko Nurmansyah menyebutkan bahwa wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Maluku Utara khususnya, menjadi tempat cadangan terbesar nikel di dunia yaitu 52 persen atau sekitar 72 juta ton nikel.

Jadi, dengan adanya kecenderungan peningkatan produksi kendaraan listrik di dunia, nikel dapat menunjang kemajuan ekonomi Indonesia sebagai negara produsen nikel terbesar.

Kemudian, untuk investasi besar, industri pertambangan bijih nikel dan produk olahannya memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi negara.

BACA JUGA:Penguasa Harta Karun, Ini 10 Tambang Batu Bara Terbesar di Indonesia, Segini Jumlah Produksinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: