Iklan dempo dalam berita

Biar Paham, Ini Penjelasan Penyakit Ain Dalam Islam, Ketahui juga Penyebab dan Cara Mengatasinya

Biar Paham, Ini Penjelasan Penyakit Ain Dalam Islam, Ketahui juga Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyakit ain dalam pandangan Islam--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Biar paham, ini penjelasan penyakit ain dalam islam, ketahui juga penyebab dan cara mengatasinya.

Penyakit ain merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh pandangan dari seseorang, baik dari pandangan hasad, dengki, maupun takjub. Namun, dalam medis penyakit ain tidak dapat terdeteksi.

Sedangkan dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda mengenai keberadaan penyakit ain dalam Islam. Bahkan, penyakit ini bisa mendahului sebuah takdir.

BACA JUGA:Minum Air Daun Sirih Bisa Obati Sakit Pinggang, Begini Cara Mengolahnya

Arab:

العين حق، ولو كان شيء سابق القدر سبقته العين

Artinya: Ain itu benar-benar ada! Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ain itu yang bisa.

Pengertian Penyakit Ain

Al-Hafiz Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitab Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari, mengartikan 'ain merupakan pandangan kagum atau takjub disertai dengan rasa iri dengki dari seseorang dengan tabiat buruk, yang mengakibatkan adanya bahaya pada orang yang dilihatnya.

BACA JUGA:Terbesar di Indonesia, Ini 6 Daerah Penghasil Harta Karun Batu Bara di Kalimantan Timur

Sementara, Al-Munawi dalam Faid al-Qadir, mendefinisikan 'ain sebagai pandangan pada sesuatu dalam keadaan lalai disertai rasa kagum kepadanya atau rasa dengki, tanpa disertai berdzikir kepada Allah.

Asal mula 'ain dijelaskan dalam Fatwa Al Lajnah Ad Daimah:


مأخوذة من عان يَعين إذا أصابه بعينه ، وأصلها : من إعجاب العائن بالشيء ، ثم تَتبعه كيفية نفْسه الخبيثة ، ثم تستعين على تنفيذ سمها بنظرها إلى المَعِين

Artinya:

"Ain berasal dari kata 'aana - ya'iinu yang artinya terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respons jiwa yang negatif, kemudian jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut. (Fatwa Al Lajnah Ad Daimah, 1/271)

BACA JUGA:Harus Tahu agar Hidup Nyaman, Ini 8 Ciri Rumah Aura Negatif, Salah Satunya Sedikit Pencahayaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: