Iklan dempo dalam berita

Daftar Tambang Emas Terbesar di Sulawesi, Sulawesi Utara Menjuarai dengan Hasil 48 Ton Per Tahun

Daftar Tambang Emas Terbesar di Sulawesi, Sulawesi Utara Menjuarai dengan Hasil 48 Ton Per Tahun

Daftar Tambang Emas Terbesar di Sulawesi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Daftar tambang emas terbesar di Sulawesi, Sulawesi Utara menjuarai dengan hasil 48 ton per tahun.

Pulau Sulawesi merupakan salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar. Sulawesi juga pulau terbesar kesebelas di dunia. 

BACA JUGA:Harta Karun di Sumatera Utara Sumbang 3,84% dari Total Cadangan Emas Yang Diperkirakan Ada di Indonesia

Secara geografis, Sulawesi terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina.

Di Indonesia, hanya Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Papua yang lebih besar luas wilayahnya dari Sulawesi. Hanya Pulau Jawa dan Sumatera yang memiliki populasi lebih banyak dari Sulawesi.

BACA JUGA:Ini Kota di Kalimantan Timur Penghasil Harta Karun Batu Bara, Mampu Hasilkan 82 Ton

Sulawesi terbagi menjadi enam provinsi meliputi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Merangkum dari berbagai sumber, Sulawesi tercatat memiliki potensi sumber daya alam di sejumlah sektor seperti bahan galian, gas, minyak bumi, hasil kelautan, pertanian, hingga perkebunan.

Sumber daya alam di Sulawesi tersebar di enam provinsi. Masing-masing provinsi memiliki komoditi unggulan yang menjadi andalan pendapatan daerah salah satunya tambang emas.

BACA JUGA:Warisan Harta Karun Hitam Ombilin Sawahlunto Sumatera Barat yang Ditetapkan oleh UNESCO Sebagai Warisan Dunia!

Berikut adalah daftar beberapa perusahaan tambang emas terbesar di Sulawesi:

1. Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Tambang emas Toka Tindung terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Tambang emas ini merupakan salah satu wilayah operasi pertambangan emas terbesar di kawasan Asia Tenggara. 

Berada sekitar 35 km arah timur laut dari Manado, tambang emas murni di Toka Tindung dioperasikan oleh PT Archi Indonesia Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: