Iklan dempo dalam berita

Warisan Harta Karun Hitam Ombilin Sawahlunto Sumatera Barat yang Ditetapkan oleh UNESCO Sebagai Warisan Dunia!

Warisan Harta Karun Hitam Ombilin Sawahlunto Sumatera Barat yang Ditetapkan oleh UNESCO Sebagai Warisan Dunia!

Lokasi dan cadangan batu bara di Sawah Lunto--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Warisan harta karun hitam Ombilin Sawahlunto Sumatera Barat yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia!

Harta karun hitam, yang merupakan batu bara yang menjadikan Ombilin Sawah Lunto mewarisi tambang, telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia melalui sidang penetapan di Baku, Azerbaijan, pada 6 Juli 2019. 

Warisan Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) telah menjadi sebuah situs yang diakui secara global untuk dijaga, dirawat, dan dimanfaatkan secara bersama-sama. 

BACA JUGA:Aman Diawasi OJK, Begini Cara Pinjam Uang di Investree serta Jenis dan Syarat Pengajuan

Pengakuan ini memiliki makna penting karena pengembangan, pemanfaatan, dan penguatan ekosistem WTBOS yang terkelola dengan baik akan mampu menjaga situs warisan dunia ini dari eksploitasi energi tambang yang memang memiliki batasnya.

Temuan potensi deposit tambang batu bara Ombilin pada tahun 1868 oleh Willem Hendrik De Greve membawa harapan baru bagi pemerintah kolonial Belanda. 

Meskipun lokasinya sulit untuk diakses, Belanda bersikeras untuk membangun kawasan tambang batu bara tersebut. 

Peralatan berteknologi tinggi menjadi tantangan besar dalam mengeksplorasi deposit batu bara tersebut. 

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di Danamas, Cukup Online Via Aplikasi, Lengkapi 4 Persyaratan Pengajuan

Dengan pengakuan sebagai warisan dunia, WTBOS menjadi tidak hanya warisan bersejarah tetapi juga simbol penting bagi konservasi lingkungan dan pengembangan berkelanjutan.

Diperlukan waktu sekitar sepuluh tahun untuk membangun infrastruktur tambang bawah tanah. 

Selain keberhasilan dalam mengeksplorasi batu bara di Sawahlunto, sumber energi tersebut juga telah menghidupkan berbagai mesin produksi dan transportasi di daerah lain. 

Selain menciptakan peluang baru seperti lapangan pekerjaan, profesi baru, interaksi budaya, mobilitas barang dan manusia, keberadaan tambang batu bara Ombilin merupakan contoh dari upaya manusia untuk mewujudkan ide dan gagasan dengan bantuan teknologi bagi kepentingan hidupnya.

BACA JUGA:Ditangani 14 Perusahaan, Ini 3 Kabupaten Penyumbang Harta Karun Tambang Emas di Sulawesi Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: