Iklan dempo dalam berita

Ternyata Ada Dua Titik Lokasi Harta Karun di NTB Bikin Orang Tercengang, Cadangan Emasnya Sebanyak Ini

Ternyata Ada Dua Titik Lokasi Harta Karun di NTB Bikin Orang Tercengang, Cadangan Emasnya Sebanyak Ini

Lokasi dan cadangan emas di Nusa Tenggara Barat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ternyata ada dua titik lokasi harta karun di NTB bikin orang tercengang, cadangan emasnya sebanyak ini.

Nusa Tenggara Barat (NTB) ialah sebuah provinsi di Indonesia yang berada di bagian tengah Kepulauan Nusa Tenggara di antara provinsi Bali di sebelah barat dan provinsi Nusa Tenggara Timur di sebelah Timur. Pusat pemerintahan dan ibu kota provinsi ini berada di Kota Mataram. 

Nusa Tenggara Barat memiliki 8 Kabupaten dan 2 Kota, termasuk kota Mataram. Pada pertengahan tahun 2023, penduduk Nusa Tenggara Barat berjumlah 5.576.992 jiwa, dengan kepadatan 264 jiwa/km2.

BACA JUGA:Jangan Asal Beli, Ini Cara Bedakan Beras Pera dan Pulen yang Harus Diketahui, Pahami Kesesuaian Pengolahannya

Namun, apakah kalian tahu jika Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki beberapa tambang emas yang menjanjikan? Berikut adalah beberapa informasi mengenai tambang emas di wilayah tersebut

Tambang Batu Hijau

PT Amman Mineral Nusa Tenggara mengoperasikan tambang Batu Hijau di Sumbawa Barat. Tambang ini merupakan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia dan memiliki konsesi seluas 25.000 hektar.

Cadangan emas di Tambang Batu Hijau saat ini mencapai 9.190 juta ons, sementara cadangan tembaga mencapai 7,380 juta pon.

BACA JUGA:Cara Pinjam KUR BCA 2024, Bisa Diajukan Melalui 2 Pilihan, Cair Sampai Rp 75 Juta

Tambang Onto

PT Sumbawa Timur Mining (PT STM) menemukan potensi mineral emas sebesar 2 miliar ton di tambang Onto, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, NTB.

Saat ini diprediksi harta karun berupa cadangan emas yang di Sumbawa Barat terhitung mencapai 17,8 ton. Dengan potensi yang besar dan berbagai lokasi tambang emas yang menarik, Sumbawa Barat menjadi daerah yang menjanjikan untuk industri pertambangan emas.

Sementara itu, untuk diketahui bahwa, Indonesia memiliki cadangan emas sejumlah 5 persen atau setara 2.600 ton emas yang masih dapat ditambang atau diekstraksi. Perkiraan jumlah cadangan emas tersebut sama dengan cadangan emas yang dimiliki oleh Brazil.

BACA JUGA:Diam-diam 5 Shio Ini Pintar Simpan Harta Karun, Timbun Kekayaan Sampai Tak Disadari Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: