Iklan dempo dalam berita

Wajib Dicoba, Begini Cara Mengolah Daun Pandan agar Mendapat Khasiatnya untuk Kesehatan

Wajib Dicoba, Begini Cara Mengolah Daun Pandan agar Mendapat Khasiatnya untuk Kesehatan

Khasiat daun pandan dan cara mengolahnya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Wajib dicoba, begini cara mengolah daun pandan agar mendapat khasiatnya untuk kesehatan.

Daun pandan dikenal dengan aromanya yang khas dan kerap digunakan sebagai pewarna alami. Selain itu, ada pula beragam khasiat daun pandan untuk kesehatan.

BACA JUGA:Cuaca Terasa Panas Akhir-akhir Ini, Ternyata Ini Penyebabnya Menurut BMKG

Di Indonesia, daun pandan kerap dimanfaatkan sebagai pewarna dan pewangi alami untuk berbagai jenis masakan. Selain itu, daun pandan juga sering dimasukkan ke dalam infused water dan bisa ditemukan dalam bentuk bubuk atau minyak esensial.

Manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh bisa diperoleh dari sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan karotenoid.

BACA JUGA:5 Daerah Ini Penguasa Tambang Harta Karun Aspal Terbesar di Indonesia

Berikut ini khasiat daun pandan untuk kesehatan:

1. Meredakan Demam

Orang yang demam biasanya suka mengonsumsi minuman hangat. Kalau bosan dengan teh atau air jahe, Kamu bisa coba air rebusan pandan. Metode pengobatan tradisional tersebut dipercaya bisa membantu kondisi tubuh jadi lebih baik.

BACA JUGA:Cara Pinjam KUR BRI, Bisa dari Rumah Alias Via Online, Syarat Siapkan KTP dan Ikuti 16 Langkah Ini

2. Mengurangi Rasa Nyeri

Bila kamu ingin mengurangi rasa nyeri di kepala atau persendian, minum air rebusan pandan dipercaya dapat mengatasi rasa sakitnya. Namun, jangan lupa cari tahu penyebab timbulnya rasa nyeri itu, ya. Pasalnya, meredakan rasa nyeri bukan berarti menyembuhkan penyakit tersebut (sewaktu-waktu bisa kambuh lagi).

3. Mengontrol Tekanan Darah
Air rebusan daun pandan juga bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah. Bila kamu mengalami sakit kepala akibat tekanan darah tinggi, rebus saja daun pandan hingga airnya jadi agak sedikit. Namun, jangan lupa untuk minum obat yang dianjurkan dokter kamu.

BACA JUGA:Bikin Bangga! Ini 7 Pasukan Khusus Indonesia yang Diakui Kehebatanya oleh Negara Lain.

4. Mengatasi Kram Perut
Kram perut, terutama saat haid, memang sangat mengganggu. Tapi tenang, keluhan tersebut dapat diatasi dengan teh daun pandan. Air rebusan pandan yang diminum hangat dapat membuat kondisi perut lebih baik.

5. Mendetoksifikasi Tubuh
Kalau bicara soal detoks, tentu tak akan jauh-jauh dari makanan atau minuman mengandung antioksidan. Bila bosan dengan air lemon atau teh hijau, Kamu bisa coba air rebusan daun pandan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: