Iklan dempo dalam berita

Ngeri! Penemuan Gunung Emas di Kongo Ini Dikaitkan dengan Akhir Zaman

Ngeri! Penemuan Gunung Emas di Kongo Ini Dikaitkan dengan Akhir Zaman

Gunung emas di Kongo--ist

Gunung emas ini terletak di desa Luhihi, Provinsi Kivu Selatan, Kongo. Luhihi sendiri berada sekitar 50 km dari ibu kota provinsi, Bukavu.

4. Berpotensi mengandung 90% emas

Dalam sebuah laporan BBC, dikabarkan bahwa kandungan emas yang berada di gunung itu berpotensi mencapai 90%. Namun hal ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

BACA JUGA:Syarat dan Cara Pinjam KUR Mandiri 2024, Tanpa Jaminan Bisa Cair Rp 40 Juta, Begini Tipsnya

5. Berpotensi menimbulkan konflik

Emas menjadi sebuah komoditas yang penting untuk menjadi bahan pendanaan konflik di negara-negara Afrika. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seringkali kelompok bersenjata terlibat dalam penambangan dan memaksa orang lain untuk menambang serta memungut retribusi yang tinggi dari para penambang itu.

Selain itu kelompok bersenjata juga menyelundupkan dan memperdagangkan emas hasil penambangan yang sebenarnya ilegal itu. Hasil dari penjualan emas itu kemudian digunakan salah satunya untuk membeli senjata dan amunisi, mengamankan logistik peperangan, atau membayar gaji para pejuang.

Untuk diketahui, Republik Demokratik Kongo memang kaya akan mineral dan logam mulia seperti emas, dan pegunungan di dalam video yang viral tersebut masuk di dalam wilayah pertambangan yang terdaftar dengan pekerja resmi.

Berdasarkan laporan dari beberapa sumber, diperkirakan di gunung tersebut memiliki kandungan 60 persen hingga 90 persen emas. 

BACA JUGA:Cara Pinjam KUR Mandiri 2024, Plafon Rp 50 Juta, Syarat Simpel dan Bunga 6 Persen

Sementara itu, seluruh produksi emas di Kongo secara sistematis tidak pernah dilaporkan dan berton-ton logam mulia diselundupkan ke rantai pasokan global melalui negara tetangga di wilayah timur.

Namun, walaupun Kongo berhasil menemukan 'gunung' emas tetapi tak serta merta membuat negara tersebut menjadi produsen atau pemilik cadangan emas terbesar di dunia. Bahkan Kongo tidak termasuk ke dalam jajaran 10 negara penghasil dan pemilik emas terbesar di dunia. 

Sebab bukanlah emas yang terkenal dari Kongo, melainkan berlian. Kongo memang kaya akan berlian. Bisnis pertambangan berlian di Kongo sangatlah menggiurkan. Nilai ekonomi sektor ini ditaksir mencapai triliunan dolar AS. 

Berdasarkan data US Geological Survey (USGS), cadangan berlian Kongo mencapai 150 juta karat. Jika dikonversi ke dalam satuan lain yang lebih umum maka setara dengan 33 ton. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: