Iklan dempo dalam berita

Baik untuk Kesehatan, 10 Manfaat Bawang Putih Ini Telah Diuji dengan Penelitian

Baik untuk Kesehatan, 10 Manfaat Bawang Putih Ini Telah Diuji dengan Penelitian

Manfaat bawang putih untuk kesehatan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Baik untuk Kesehatan, 10 manfaat bawang putih ini telah diuji dengan penelitian.

Bawang putih dikenal secara luas sebagai salah satu bumbu masak penting pelengkap hidangan. Khususnya bagi segala macam kuliner di indonesia. Hampir seluruh hidangan masakan menggunakan campuran bumbu jenis ini.

Selain sebagai bumbu yang teramat penting, bawang putih ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat.

BACA JUGA:Selisih Rp 1 Juta, Ini Perbandingan Spek Redmi 13C Vs Redmi 12C, Kamu Tertarik yang Mana?

Bawang putih merupakan tanaman dari jenis genus Allium yang telah dimanfaatkan oleh manusia sejak 7000 tahun yang lalu.

Tanaman ini pertama kali ditemukan di wilayah Asia Tengah dan telah lama diambil manfaatnya sebagai bahan makanan dan sebagai bahan dasar obat khususnya di wilayah Asia, Eropa, dan Afrika.

Kini bawang putih bukan lagi menjadi tanaman yang asing di telinga masyarakat dunia. Meskipun begitu, tak banyak yang mengetahui manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi bawang putih selain dari kegunaannya sebagai bahan pelengkap bumbu dapur.

Berikut ini adalah daftar manfaat bawang putih untuk kesehatan menurut penelitian ilmiah.

BACA JUGA:Profil Pencipta Kartun The simpsons, Film Kartun yang Dianggap Sebagai Peramal Masa Depan

1. Menurunkan kolesterol

Riset dalam International Journal of Medical Science and Public Health (2016) mengamati hasil pengobatan kolesterol dengan bawang putih. Setelah 90 hari masa percobaan, seluruh peserta mengalami penurunan kolesterol sekitar 10 – 13 persen.

Peneliti menemukan manfaat ini berasal dari kandungan allicin yang menghambat enzim yang berperan dalam membuat kolesterol. Uniknya, allicin hanya dihasilkan ketika bawang putih dipotong, ditumbuk, atau dikunyah. 

2. Mengendalikan tekanan darah

Sebuah penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences (2013) mengamati pengaruh bawang putih pada tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: