Iklan dempo dalam berita

Indonesia Miliki Miliaran Harta Karun Nikel, Ini 5 Titik Lokasi yang Punya Cadangan Nikel Terbesar

Indonesia Miliki Miliaran Harta Karun Nikel, Ini 5 Titik Lokasi yang Punya Cadangan Nikel Terbesar

5 Titik Lokasi yang Punya Cadangan Nikel Terbesar--

Maluku menjadi pulau kedua terbesar dengan sumber daya dan cadangan bijih nikel terbesar di Indonesia, yakni masing-masing sebesar 6,1 miliar ton dan 1,7 miliar ton. 

BACA JUGA:Daftar 6 Perusahaan Tambang Nikel di Sulawesi Tenggara yang Hasilkan Banyak Cadangan Harta Karun

Pada posisi ketiga, terdapat Papua dengan sumber daya dan cadangan bijih nikel terbesar di Indonesia, yakni masing-masing sebesar 840,5 juta ton dan 86 juta ton.

Selanjutnya, terdapat Kalimantan yang memiliki sumber daya dan cadangan bijih nikel terbesar di Indonesia, yakni masing-masing sebesar 21,7 juta ton dan 10,9 juta ton.

BACA JUGA:Temuan Harta Karun Batu yang Mengandung Emas di Gunung Mas Kalimantan Tengah Hebohkan Masyarakat

Sumatra menempati posisi kelima dengan sumber daya bijih nikel sebanyak 8,2 juta ton. Sementara itu, Jawa dan Nusa Tenggara tidak memiliki sumber daya dan cadangan bijih nikel berdasarkan laporan Badan Geologi.

Total sumber daya logam nikel nasional adalah 177,8 juta ton dan cadangan logam nikel adalah 57,1 juta ton. 

BACA JUGA:Fakta Menarik Tentang Harta Karun Emas di Gunung Jayawijaya Papua, Tersimpan Rp 221,7 Triliun Nilai Emas

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan cadangan nikel saprolite di Indonesia masih akan bertahan hingga 13 tahun ke depan, sementara nikel limonite cukup hingga 33 tahun ke depan.  

“Ketahanan cadangan nikel kita, saprolite ini kira-kira kita masih punya 13 tahun, limonite kita masih ada sekitar 33 tahun,” ujar Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ing Tri Winarno, belum lama ini.

BACA JUGA:Ternyata Gunung di Jawa Tengah Ini Simpan Harta Karun Emas! Ini Titik Lokasinya

Saprolite merupakan nikel kadar tinggi dan banyak diolah melalui sistem rotary kiln electric furnace (RKEF). Nikel ini menghasilkan produk berupa nickel pig iron (NPI), feronikel (FeNi), atau nickel matte untuk bahan baku baja nirkarat atau stainless steel.

BACA JUGA:Benarkah Gunung Padang Menyimpan Harta Karun Emas Seberat 3 Ton atau hanya Kujang?

Sementara itu, limonite merupakan nikel kadar rendah yang umumnya diolah melalui sistem high pressure acid leaching (HPAL) untuk menghasilkan mixed hydroxide precipitate (MHP) yang dibutuhkan untuk bahan baku baterai kendaraan listrik. 

BACA JUGA:10 Investor Pengeruk Harta Karun Terbesar di Indonesia, Mulai dari Emas Hingga Batu Bara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: