Iklan dempo dalam berita

Hati-hati! Ini Dampak Anak di Bawah 5 Tahun Keseringan Main Hp, Para Orang Tua Wajib Pantau

Hati-hati! Ini Dampak Anak di Bawah 5 Tahun Keseringan Main Hp, Para Orang Tua Wajib Pantau

Dampak bagi anak jika terlalu sering main handphone--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Hati-hati!! Ini dampak anak di bawah 5 tahun main hp keseringan, para orang tua wajib pantau.

Teknologi modern membawa banyak manfaat, tetapi juga tantangan besar bagi perkembangan anak-anak, terutama mereka yang berusia di bawah lima tahun. 

Dalam era digital ini, penggunaan ponsel pintar atau HP oleh anak-anak semakin meningkat. 

Orang tua sering kali membiarkan anak-anak mereka menggunakan HP untuk menonton video, bermain game, atau bahkan sebagai alat penenang saat mereka rewel. 

BACA JUGA:Cara Pinjam di Kredivo, Ikuti 5 Langkahnya, Dijamin Proses Pengajuan Cepat Cair

Namun, dampak dari kebiasaan ini tidak bisa diremehkan. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang bisa terjadi jika anak di bawah lima tahun keseringan main HP.

1. Perkembangan Otak yang Terganggu

Periode usia di bawah lima tahun adalah masa kritis untuk perkembangan otak anak. Selama periode ini, otak anak berkembang sangat cepat dan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. 

Terlalu banyak paparan layar HP dapat mengganggu proses ini. Penelitian menunjukkan bahwa waktu layar yang berlebihan dapat menghambat perkembangan keterampilan motorik halus dan kasar anak, serta kemampuan kognitif dan sosial-emosional mereka. 

Anak-anak yang terlalu sering menggunakan HP mungkin mengalami keterlambatan dalam berbicara, kesulitan dalam berkonsentrasi, dan masalah dalam berinteraksi dengan teman sebaya.

BACA JUGA:Bisa Tuli Permanen! Ini Bahaya Headset Bluetooth Bagi Telinga dan Otak

2. Gangguan Tidur

Anak-anak membutuhkan tidur yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Namun, penggunaan HP sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur anak. 

Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar HP dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: