Iklan dempo dalam berita

Wanita Wajib Tahu, Segera Periksa Ini Penyebab Kutil Kelamin dan Cara Penularannya

Wanita Wajib Tahu, Segera Periksa Ini Penyebab Kutil Kelamin dan Cara Penularannya

Waspada penyakit kutil kelamin dan cara penularannya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Wanita wajib tahu, segera periksa ini penyebab kutil kelamin dan cara penularannya.

Semakin berkembang zaman, semakin banyak jenis penyakit yang ditemukan. Salah satu penyakit yang patut diwaspadai kaum perempuan yakni kutil kelamin.

Kutil kelamin merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang sering disepelekan. Salah satu tandanya akan terasa gatal di sekitar area kewanitaan.

BACA JUGA:Inilah 3 HP Murah Punya Kemampuan Perekaman Hingga 4 K dengan 60 fps

Kondisi yang dikenal dengan nama genital warts tersebut berbentuk seperti jengger ayam atau kembang kol. Dalam bahasa medis, kondisi ini disebut dengan kondiloma akuminata.

Lantas, sebenarnya apakah kondisi ini berbahaya, khususnya bagi perempuan?

Berdasarkan penjelasan dari dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, CEO Klinik Pramudia, kutil kelamin tidak bisa dianggap sepele. Hal ini disebabkan karena sekitar 50 persen dari kasus kutil kelamin bisa bertransformasi menjadi penyakit yang ganas, seperti kanker serviks.

BACA JUGA:Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 68, Siap-siap Dapat Saldo DANA Rp700 Ribu

“Hingga saat ini, kutil kelamin menjadi infeksi menular seksual yang paling banyak ditemukan pada praktik sehari-hari. Hampir semua yang datang ke klinik kami untuk berobat sudah dalam kondisi tahap lanjut karena kurang aware, sulit untuk jujur dan terbuka, serta belum punya kesiapan mental untuk melakukan pengobatan,” kata dr. Anthony.

Di Indonesia, beberapa tahun lalu dilaporkan kasus kutil kelamin di Bali dilaporkan ada sebanyak 260 dari 4743 responden. Sementara di Surabaya ditemukan 318 kasus dari 3674 responden.

BACA JUGA:Inilah 4 HP Kamera Selfie 32MP Terbaik yang Dijual dengan Harga Terjangkau

Dokter Anthony melanjutkan, kutil kelamin disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Jenis HPV yang paling sering mengakibatkan kutil kelamin, yaitu tipe 6 dan 11.

“Tipe HPV yang menyebabkan kutil kelamin memang tidak sama dengan tipe HPV yang menyebabkan kanker serviks. Namun, dalam beberapa kasus, ketika kutil kelamin terjadi pada leher rahim atau di dalam vagina, hal ini dapat menyebabkan perubahan serviks (displasia) yang pada akhirnya bisa berujung pada kanker serviks sebagai bentuk komplikasinya,” papar dr. Anthony.

Penularan kutil kelamin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: