Iklan dempo dalam berita

Daun Kelor dan Berbagai Manfaatnya Untuk Kesehatan, Jangan Abaikan Efek Sampingnya

Daun Kelor dan Berbagai Manfaatnya Untuk Kesehatan, Jangan Abaikan Efek Sampingnya

Daun Kelor dan Berbagai Manfaatnya Untuk Kesehatan, Jangan Abaikan Efek Sampingnya --Foto: ist

BACA JUGA:Ladies Perlu Tahu! Ini 10 Khasiat Daun Kelor untuk Wanita Salah Satunya Mengendalikan Hormon

5. Manfaat daun kelor untuk turunkan berat badan

Bubuk kelor telah disarankan untuk menurunkan berat badan. Kelor dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak. Penelitian telah melihat efek dari suplemen yang mengandung kelor dikombinasikan dengan bahan lainnya.

Dalam satu studi 8 minggu pada 41 orang gemuk pada diet dan olahraga yang sama, mereka yang mengonsumsi 900 mg suplemen yang mengandung kelor, kunyit, dan kari kehilangan 4,8 kg. Dalam penelitian serupa tetapi lebih besar, para peneliti mengacak 130 orang yang kelebihan berat badan untuk menerima suplemen yang sama dengan penelitian di atas. Mereka yang diberi suplemen kehilangan 5,4 kg selama 16 minggu.

BACA JUGA:Dapatkan Khasiatnya, Ini 2 Cara Konsumsi Daun Kelor untuk Pria! Buktikan Sendiri

6. Manfaat daun kelor untuk mendukung kesehatan otak

Kelor mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif karena aktivitas antioksidan dan neuro-enhancer. Ini juga telah diuji sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer dengan hasil awal yang menguntungkan.

Kandungan vitamin E dan C yang tinggi melawan oksidasi yang mengarah pada degenerasi neuron, meningkatkan fungsi otak. Ini juga dapat menormalkan neurotransmitter serotonin, dopamin, dan noradrenalin di otak, yang memainkan peran kunci dalam memori, suasana hati, fungsi organ, respons terhadap stimulus seperti stres dan kesenangan, dan kesehatan mental, misalnya dalam depresi dan psikosis.

BACA JUGA:MasyaAllah! Ini 6 Manfaat Daun Kelor dalam Alquran untuk Kesehatan, Apa Saja?

Efek samping daun kelor

Manfaat daun kelor untuk kesehatan memang banyak. Namun ada efek samping daun kelor yang harus diwaspadai.

Dilansir dari Kompas.com, berikut efek samping daun kelor yang harus diwaspadai:

1. Kelebihan zat besi

Efek samping daun kelor yang pertama adalah kelebihan zat besi. Menurut Phytotherapy Research, asupan daun kelor berlebihan dapat mengakibatkan peningkatan zat besi dalam darah.

Kondisi tersebut dalam jangka panjang berpotensi memicu hemokromatosis, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada organ tertentu. Misalnya, pada jantung, kondisi ini dapat menyebabkan aritmia alias detak jantung lebih cepat maupun gagal jantung. Sementara di hati, hemokromatosis berpotensi menyebabkan fibrosis, sirosis, serta kanker hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: