Iklan dempo dalam berita

Daun Kelor dan Berbagai Manfaatnya Untuk Kesehatan, Jangan Abaikan Efek Sampingnya

Daun Kelor dan Berbagai Manfaatnya Untuk Kesehatan, Jangan Abaikan Efek Sampingnya

Daun Kelor dan Berbagai Manfaatnya Untuk Kesehatan, Jangan Abaikan Efek Sampingnya --Foto: ist

Satu studi pada wanita menemukan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan darah. Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Ini meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi.

2. Manfaat daun kelor bisa turunkan kadar gula darah

Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Seiring waktu, kadar gula darah tinggi meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. Untuk alasan ini, penting untuk menjaga gula darah dalam batas yang sehat.

BACA JUGA:Daun Kelor Bisa Jadi Masker Ampuh Cegah Penuaan dan Kanker Kulit, Cukup Tambahkan Bahan Ini Saja

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Satu studi di 30 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mengurangi kadar gula darah puasa sebesar 13,5%, rata-rata.

Studi kecil lainnya pada enam orang dengan diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21%. Para ilmuwan meyakini efek ini disebabkan oleh senyawa tanaman seperti isothiocyanate.

BACA JUGA:12 Manfaat Daun Kelor Kering yang Luar Biasa Bagi Kesehatan, Simak Cara pengolahannya

3. Manfaat daun kelor bisa mengurangi peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini merupakan mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Sebagian besar buah-buahan utuh, sayuran, rempah-rempah dan rempah-rempah memiliki sifat anti-inflamasi. Namun, sejauh mana mereka dapat membantu tergantung pada jenis dan jumlah senyawa anti-inflamasi yang dikandungnya. Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi utama pada daun kelor, polong dan biji-bijian.

Kelor mengurangi peradangan dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh, dan konsentrat daun kelor dapat secara signifikan menurunkan peradangan dalam sel.

BACA JUGA:5 Cara Masak Daun Kelor untuk Obat, Berkhasiat untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Menurunkan Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Serbuk daun kelor memiliki manfaat jantung yang sehat, terutama dalam kontrol lipid darah, pencegahan pembentukan plak di arteri, dan penurunan kadar kolesterol.

Untungnya, banyak makanan nabati dapat secara efektif mengurangi kolesterol. Baik penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa Moringa oleifera mungkin memiliki efek menurunkan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: