Iklan RBTV Dalam Berita

Waspadai 9 Gejala Awal Kamu Bakal Kena Rematik, Pahami Penyebab dan Pengobatannya

Waspadai 9 Gejala Awal Kamu Bakal Kena Rematik, Pahami Penyebab dan Pengobatannya

Waspadai 9 Gejala Awal Kamu Bakal Kena Rematik, Pahami Penyebab dan Pengobatannya--Foto: ist

BACA JUGA:Waspada Rematik Bisa Serang di Usia Muda, Kenali 11 Gejala dan Cara Mencegahnya

3. Nodul (benjolan)

Sekitar 20% pasien rematik menimbulkan nodul atau benjolan di bawah kulit seukuran kacang hijau dan sering kali terletak di dekat persendian. Benjolan bisa terus ada selama Anda mengalami rematik.

4. Penumpukan cairan

Pada beberapa kasus, cairan bisa terakumulasi terutama di pergelangan kaki. Hal ini disebabkan karena kantung sendi belakang lutut mengakumulasi cairan dan membentuk apa yang dikenal sebagai kista Baker.

Kista ini terasa seperti tumor dan kadang-kadang memanjang ke bawah ke bagian belakang betis dan menyebabkan rasa sakit. Namun, kista Baker juga dapat berkembang pada orang yang tidak memiliki rematik.

BACA JUGA:Mandi Malam Sebabkan Rematik Cuma Mitos? Yuk Simak 4 Fakta dan Mitos Dampak Mandi Malam

5. Kesemutan

Peradangan dan pembengkakan pada tendon mengakibatkan saraf terjepit sehingga dapat menyebabkan kesemutan atau mati rasa. Selain itu, kesemutan atau mati rasa yang terjadi di tangan juga disebut carpal tunnel syndrome.

6. Demam

Rheumatoid arthritis juga sering disertai demam. Nyeri sendi dan peradangan yang disertai demam mungkin merupakan tanda peringatan dini terkait rheumatoid arthritis.

BACA JUGA:Ini 7 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih Merah, Salah Satunya Bisa Obati Rematik

7. Menurunnya pergerakan tubuh

Peradangan pada persendian dapat menyebabkan tendon dan ligamen menjadi tidak stabil atau berubah bentuk. Saat penyakit berkembang, beberapa sendi mungkin tidak dapat ditekuk atau diluruskan.

8. Kelelahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: