Iklan dempo dalam berita

Terungkap! Ternyata Ini Penyebab UKT Mahal yang Dijelaskan Langsung oleh Kemendikbudristek

Terungkap! Ternyata Ini Penyebab UKT Mahal yang Dijelaskan Langsung oleh Kemendikbudristek

Ternyata Ini Penyebab UKT Mahal --

Menurutnya, keterbatasan anggaran dari pemerintah memaksa perguruan tinggi untuk menutupi biaya operasional dengan menaikkan biaya UKT.

"Kampus harus menutupi biaya operasional. Dari mana? Mungkin kampus tertentu bisa melalui inovasi atau karya-karya yang bisa dijual, tapi yang lain sulit sehingga menaikkan UKT sebagai solusinya," ungkapnya.

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele, Ini Penyebab Ban Mobil Benjol, Begini Cara Mencegahnya

Cecep, yang juga Guru Besar Hukum Tata Negara UPI, mengaku bahwa pihaknya sebenarnya tidak ingin menaikkan biaya UKT. Bahkan, mereka bercita-cita agar biaya pendidikan dapat terjangkau oleh masyarakat luas. 

"Kami dari perguruan tinggi juga tidak mau UKT itu naik. Kami ingin semurah mungkin dan terjangkau oleh masyarakat, tapi pemerintah memberikan anggaran yang sedikit, jadi di situ masalahnya," katanya. 

BACA JUGA:Ini Suku Bunga Pinjaman di BRI untuk Pensiunan dan Besaran Biaya Lainnya di Produk BRIGuna Purna

Menurutnya, salah satu faktor untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi adalah anggaran yang didapat dari pemerintah.

"Kalau bicara kualitas perguruan tinggi, ini jadi PR kita bersama. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi adalah soal dana, untuk riset, untuk pengabdian, untuk meningkatkan kapasitas dosen, itu semua butuh dana, butuh anggaran," jelasnya. 

"Tapi kalau pemerintah kurang serius soal anggaran, ya mau tidak mau agak sulit perguruan tinggi kita untuk berkembang," tambahnya. 

BACA JUGA:Begini Cara Membuat Wangi Parfum Tahan Lebih Lama serta Rekomendasi Komposisi Parfum yang Awet

Meski dana bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi, Cecep menilai bahwa anggaran sangat menentukan.

"Walaupun dana bukan satu-satunya faktor, banyak faktor lain. Tetapi dana sangat menentukan di antara faktor-faktor lain itu," tegasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong pemerintah untuk turun tangan menyelesaikan permasalahan tingginya biaya UKT ini. 

"Saya melihat pemerintah seharusnya segera turun tangan untuk menyelesaikan ini dengan menambah anggaran untuk pendidikan perguruan tinggi," tandasnya.

BACA JUGA:Heboh! Puluhan Mobil Elf SMK Tangsel Masuk Lautan Pasir Bromo, Kok Bisa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: