Iklan dempo dalam berita

Mana yang Didahulukan, Akikah Atau Berkurban? Ini Pejelasan Hukumnya

Mana yang Didahulukan, Akikah Atau Berkurban? Ini Pejelasan Hukumnya

Mana yang Didahulukan, Akikah Atau Berkurban? Ini Pejelasan Hukumnya--foto:ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Mana yang didahulukan, akikah atau berkurban? Ini pejelasan hukumnya.

Antara aqiqah dan kurban ada persamaan, yakni sama-sama sunah. Hal ini menurut mazhab Syafii (selama tidak nadzar), serta adanya aktivitas penyembelihan terhadap hewan yang telah memenuhi syarat untuk dipotong. 

Sementara perbedaan yang ada di antara keduanya lebih pada waktu pelaksanaannya. Kurban hanya dapat dilakukan pada bulan Dzulhijjah, sedangkan aqiqah dilaksanakan pada saat mengiringi kelahiran seorang bayi dan lebih dianjurkan lagi pada hari ketujuh dari kelahirannya.

BACA JUGA:Berkurban Untuk Keluarga yang Sudah Meninggal, Perhatikan 3 Hal Ini

Pada dasarnya aqiqah merupakan hak seorang anak atas orang tuanya. Dalam artian, anjuran untuk menyembelih hewan aqiqah sangat ditekankan kepada orang tua bayi yang diberi kelapangan rezeki untuk sekadar berbagi dalam rangka menyongsong kelahiran anaknya.

Para ulama memberi kelonggaran pelaksanaan aqiqah oleh orang tua hingga si bayi tumbuh sampai dengan baligh. Setelah itu, anjuran aqiqah tidak lagi dibebankan kepada orang tua melainkan diserahkan kepada sang anak untuk melaksanakan sendiri atau meninggalkannya. Dalam hal ini tentunya melaksanakan aqiqah sendiri lebih baik daripada tidak melaksanakanya.

 Lantas manakah yang didahulukan antara kurban dan aqiqah? Simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA:Tidak Semua Berhak Terima Daging Kurban, Ini 3 Golongan Orang yang Berhak Terima Daging Kurban

Pengertian Akikah

Aqiqah adalah penyembelihan ternak yang dilakukan sebagai pernyataan syukur orang tua atas lahirnya seorang anak, yang lazimnya dilaksanakan pada hari ketujuh yang dibarengi dengan pelaksanaan pencukuran rambut si bayi.

Dalil terkait aqiqah ini adalah. Dari Samurah dari Nabi Salallahu Alaihi Wassalam, beliau bersabda, ‘Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, maka hendaklah disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberi nama. (HR Ibnu Majah).

Untuk anak laki-laki aqiqahkan dengan dua ekor kambing, sedangkan anak perempuan adalah satu ekor kambing. Untuk jenis kelamin kambingnya dibolehkan jantan atau betina, namun lebih baik jantan dengan warna putih.

BACA JUGA:Sekarang Bisa Kurban Online, Ini 3 Daftar Lembaga Zakat Terpercaya yang Bisa Dibayar Pakai BRImo

Menurut umumnya ulama, aqiqah adalah hukumnya sunnah muakkad, yang memiliki makna sebagai tebusan, dan rasa syukur kepada Allah SWT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: