Iklan dempo dalam berita

13 Cara Membedakan Emas Palsu dan Asli, Lengkap dengan Kode Emas

13 Cara Membedakan Emas Palsu dan Asli, Lengkap dengan Kode Emas

13 Cara Membedakan Emas Palsu dan Asli, Lengkap dengan Kode Emas--foto:ist

3. Tidak Berubah Warna

Berkaitan dengan sifat tidak korosif itu, emas asli atau palsu bisa dengan menggosokkannya ke telapak tangan. Jika warnanya pudar, maka emas tersebut pasti palsu.

Selain itu dengan menggoreskan emas pada keramik atau kertas. Jika tidak meninggalkan bekas di keramik artinya emas tersebut asli.

BACA JUGA:Ini 6 Cara Cek Emas Palsu Atau Asli, Ketahui Agar Terhindar dari Penipuan

4. Tidak Bau Amis

Ciri dari emas Asli tidak akan mengeluarkan aroma amis, berbeda dengan logam kuningan atau tembaga yang berbau amis atau bau karatan. Emas asli tidak akan berubah warna dan berbau meski terkena air atau bahkan terendam air dalam kurun waktu, serta selalu terpakai.

Pemilik toko emas Bima di Pasar Bambu Kuning, Fendi (45), mengatakan cara mudah membedakan emas imitasi dan asli dengan mencium baunya. “Kalau orang awam cara membedakannya bisa dengan cium baunya. Kalau palsu biasanya bau anyir kuning tembaga,” katanya.

BACA JUGA:Punya Gelang Emas, Ini 6 Tips Membedakan Gelang Emas Palsu dan Asli

5. Padat tapi Lunak

Emas merupakan logam padat sehingga cobalah menjatuhkan emas ke dalam air. Apabila tenggelam berarti emas tersebut asli.

Meski begitu, logam mulia memiliki kadar 99.99% atau 24 karat juga memiliki tekstur yang lunak sehingga membuat emas murni tergolong mudah terbentuk sehingga tidak baik sebagai perhiasan.

Untuk menguji kemurniannya bisa dengan menggigit sedikit area dari emas. Apabila ada bekas gigitan bisa terpastikan emas tersebut asli. Sedangkan, apabila tidak ada bekas gigitan yang tertinggal, maka sebagai produk campuran.

Namun, cara tersebut hanya berlaku untuk emas batangan, bukan perhiasan. Sebab, emas perhiasan memiliki campuran kandungan logam lainnya sehingga permukaannya menjadi lebih keras dan tidak meninggalkan bekas gigitan.

BACA JUGA:Ini Cara Cek Emas Asli dan Palsu Secara Online Melalui Aplikasi CertiEye, Cek Emas Kamu

6. Konduktor yang Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: